Berikut Tips Mengolah Daging Ayam Kampung Agar Empuk dan Tidak Alot

Berikut Tips Mengolah Daging Ayam Kampung Agar Empuk dan Tidak Alot
Ilustrasi (Natural Poultry : Google)
Editor: Epenz Kuliner —Kamis, 20 April 2023 14:17 WIB

Terasjabar.id - Meski dikenal lebih nikmat, tidak sedikit orang yang tetap memilih ayam negeri daripada ayam kampung. Pasalnya, jenis ayam ini dikenal sulit diolah karena kerap meninggalkan rasa alot, terutama bagian dagingnya. Lalu, adalah tips mengolah daging ayam kampung agar empuk dan tidak alot?

Tekstur alot membuat daging ayam kampung susah digigit dan dikunyah. Oleh karena itu, diperlukan tips tertentu saat mengolah ayam kampung supaya tidak terasa alot. Penasaran bagaimana caranya? Simak informasi berikut!


Tips Mengolah Daging Ayam Kampung

Ayam kampung. (Shutterstock)
Ayam kampung. (Shutterstock)

Selama diolah dengan benar, ayam kampung bisa terasa empuk layaknya ayam negeri. Cobalah beberapa cara berikut untuk membuktikannya.

Marinasi ayam kampung dengan nanas

Nanas memang dikenal sebagai salah satu buah yang kerap digunakan untuk membuat daging lebih empuk. Tak heran jika buah ini banyak digunakan saat membuat sate kambing.

Bukan hanya kambing, Anda juga bisa menggunakan nanas untuk membuat daging ayam kampung lebih empuk.

Caranya, cukup rendam potongan nanas dengan bumbu dan air yang digunakan untuk marinasi ayam kampung. Biarkan semalaman sampai bumbu meresap dan nanas bekerja.

Setelah itu, rebus ayam kampung dengan api kecil. Supaya tekstur alot semakin menghilang, tambahkan asam jawa.

1. Marinasi ayam kampung dengan garam

Selain nanas, Anda bisa menggunakan tambahan garam saat marinasi daging ayam kampung untuk membuatnya empuk.

Caranya, campurkan garam, merica, dan jus lemon ke dalam satu panci lalu masukkan potongan daging ayam kampung ke dalamnya, dan tambahkan air secukupnya. Marinasi setidaknya selama satu jam sebelum daging akan diolah.

2. Menggunakan api kecil

Tips mengolah daging ayam kampung cepat empuk selanjutnya adalah memasaknya menggunakan api kecil. Cara ini akan membuatnya matang sempurna, empuk, dan tetapi juicy.

Selain lebih empuk, penggunaan api kecil juga akan membuat bumbu lebih meresap ke dalam daging.

3. Mengukus ayam kampung

Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan daging ayam kampung yang empuk adalah dengan mengukusnya terlebih dahulu.

Jadi, sebelum Anda ingi membakar atau menggorengnya, kukuslah daging ayam setidaknya satu jam terlebih dahulu supaya lebih empuk.

Pastikan air kukusan yang digunakan sudah benar-benar panas. Selain itu, jangan lupa tambahkan rempah-rempah, jeruk, daun salam, daun serai, dan bumbu lainnya.

4. Mengungkep ayam kampung

Selain dikukus, Anda juga bisa mengungkep ayam terlebih dahulu untuk membuatnya lebih empuk. Cara ini juga akan membuat bumbu ayam lebih meresap sehingga rasa olahan ayam nantinya terasa lebih nikmat.

Pastikan bumbu yang digunakan benar-benar menutup setiap bagian daging dan diamkan selama setidaknya 1,5 jam.

Itulah beberapa tips mengolah daging ayam kampung supaya empuk. Selamat mencoba!

Disadur dari Suara.com 

Daging Ayam Ayam Kampung Tips Mengolah


Loading...