Berikut Resep Soto Ayam Semarang

Berikut Resep Soto Ayam Semarang
Ilustrasi (Cookpad.com : Google)
Editor: Epenz Kuliner —Kamis, 20 April 2023 13:15 WIB

Terasjabar.id - Bagi Anda yang suka makan soto ayam, Anda harus coba soto khas Semarang yang memiliki tipikal kuah bening yang sedap dan gurih. Soto ayam khas daerah Jawa Tengah ini terkenal dengan kuahnya yang kuning dan tanpa santan.

Membuat soto ayam khas Semarang sendiri di rumah tidaklah sulit, Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan dan bumbu seperti resep di bawah ini. Penasaran seperti apa resep soto ayam Semarang? Mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Bahan-Bahan yang Perlu Disiapkan

Sebelum mulai memasak, pastikan Anda menyiapkan beberapa bahan di bawah ini terlebih dahulu.


Bahan soto ayam:

1 ekor ayam kampung atau negeri
2 liter air
2 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
2 batang serai
1 sdt gula pasir
2 sdt garam
1 sdt kaldu bubuk ayam
2 batang daun bawang

Bumbu halus:

7 siung bawang putih
3 butir kemiri
1 sdt merica butiran
3 cm kunyit
1 cm jahe

Bahan pelengkap:

100 gram suun
150 gram tauge
Daun seledri iris halus
Bawang putih goreng
Jeruk nipis
Sambal rawit merah

Cara Memasak Soto Ayam Semarang

- Langkah pertama untuk memasak soto ayam Semarang adalah membuat kaldu ayam terlebih dahulu. Anda perlu memotong daging ayam menjadi empat bagian, lalu cuci bersih menggunakan air mengalir supaya kotorannya larut dan tiriskan jika sudah. Tuangkan 2 liter air di dalam panci, lalu taruh di atas kompor dna nyalakan. Panaskan sampai mendidih, lalu masukan potongan ayam lalu rebus dengan api kecil.

- Langkah selanjutnya adalah membuat bumbunya. Silakan masukan semua bahan bumbu halus ke dalam chopper, blender, atau bisa juga menghaluskannya secara manual. Setelah halus, tumis dengan daun salam, daun jeruk, serai sampai aromanya harum dan matang, lalu angkat dan masukan tumisan bumbu ke dalam rebusan ayam. Beri garam, gula, serta kaldu bubuk ayam, kemudian duk-aduk hingga bumbu larut. Jangan lupa tambahkan daun bawang lalu masak sampai daging ayam empuk.

- Untuk penyajian soto ayam Semarang, siapkan mangkok lalu taruh suun dan tauge. Ambil potongan daging ayam lalu suwir-suwir secukupnya, lalu masukan ke dalam mangkok laku guyur dengan kuah soto. Jangan lupa taburkan bawang putih goreng dan seledri di atasnya dan sajikan dengan jeruk nipis, sambal rawit, serta sepiring nasi putih hangat.

 - Soto ayam Semarang siap untuk dinikmati!

Resep soto ayam Semarang di atas cukup mudah untuk dibuat. Siapkan bahan-bahannya, dan selamat memasak!

Disadur dari Suara.com 

Soto Khas Semarang Resep Cara Membuat


Loading...