Berikut Beberapa Efek Samping dari Buah Kurma Jika Dimakan Terlalu Banyak

Berikut Beberapa Efek Samping dari Buah Kurma Jika Dimakan Terlalu Banyak
Ilustrasi (Alodokter : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Selasa, 18 April 2023 15:49 WIB

Terasjabar.id -- ADA efek samping dari buah kurma jika dimakan ini mengandung berbagai macam kebaikan bagi tubuh.


Namun, adakah efek samping dari buah kurma jika dimakan terlalu banyak? Segala sesuatu berlebihan memang tidak baik bagi tubuh, termasuk jika Anda mengkonsumsi kurma terlalu banyak.



Berikut beberapa efek samping jika terlalu banyak makan buah kurma dilansir dari laman WebMD dan beberapa sumber lain:

1. Alergi

Alergi

Beberapa kurma kering mungkin mengandung tingkat sulfit yang tinggi. Kandungan sulfit pada buah kurma rupanya bisa memicu reaksi alergi terhadap orang-orang yang tubuhnya tidak toleran pada zat tersebut. Gejalanya pun bervariasi, ada yang merasakan ruam di kulit, mata gatal dan berair, serta pilek.

2. Meningkatkan kadar gula darah

Di samping kandungan vitamin dan mineralnya, kurma kering juga memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Ditambah lagi proses pengeringan kurma yang semakin meningkatkan kandungan gulanya.


Maka dari itu, sebaiknya jangan memakan kurma secara berlebihan karena hal ini bisa meningkatkan kadar glukosa atau gula darah.

3. Kalori yang tinggi

Untuk Anda yang sedang diet, mungkin harus mengurangi mengkonsumsi buah kurma. Pasalnya, dalam dua butir kurma kering mengandung 110 kalori yang mana dapat meningkatkan energi namun tidak ideal untuk menurunkan berat badan.

4. Menyebabkan hiperkalemia

Kurma merupakan salah satu sumber potasium yang jika dikonsumsi terlalu banyak akan menyebabkan hiperkalemia, yakni kondisi ketika kadar kalium dalam darah terlalu tinggi.

5.Intoleransi fruktosa

Shena Jaramillo seorang ahli diet terdaftar mengatakan dalam satu butir kurma hampir mengandung 1 sdt gula. Kandungan ini tentu tidak baik jika dikonsumsi berlebihan oleh orang yang kesulitan mencerna fruktosa dan menyebabkan intoleransi fruktosa. Kondisi ini akan menimbulkan sakit perut dan gas karena kandungan gula bereaksi terhadap bakteri alami dalam usus.


Demikian Efek Samping dari buah kurma jika dimakan terlalu banyak.


Disadur dari Okezone.com 

Kurma Efek SAmping Kesehatan Berlebihan


Loading...