PJ. WALI KOTA CIMAHI SERAHKAN 377 TON LEBIH BANTUAN PANGAN CADANGAN PANGAN PEMERINTAH (CPP) BERAS

PJ. WALI KOTA CIMAHI SERAHKAN 377 TON LEBIH BANTUAN PANGAN CADANGAN PANGAN PEMERINTAH (CPP) BERAS
Editor: Malda Teras Cimahi —Jumat, 14 April 2023 15:03 WIB

Terasjabar.id - Cimahi | Guna memenuhi kebutuhan beras dalam rangka mencegah dan menanggulangi terjadinya masyarakat rawan pangan pasca terjadinya bencana alam atau keadaan darurat, Badan Pangan Nasional, Pemerintah Daerah Provinsi (DKPP Provinsi Jawa Barat), Perum Bulog, PT. Pos Indonesia, Dinas Pangan dan Pertanian dan Dinas Sosial Kota Cimahi menyalurkan CPP (Cadangan Pangan Pemerintah) untuk Pemberian Bantuan Pangan Tahun 2023. Penyerahan sebanyak 377.610 kg beras CPP untuk 37.761 KPM dilaksanakan pada hari Jumat (14/04) bertempat di Gudang Perum Bulog Kelurahan Utama Kecamatan Cimahi Selatan.

Kegiatan Penyaluran CPP ini dilaksanakan untuk meningkatkan penyediaan pangan untuk menjamin pasokan pangan yang stabil antar waktu dan antar daerah, pemenuhan kebutuhan beras masyarakat yang mengalami keadaan darurat dan kerawanan pangan pasca bencana, sebagai instrumen stabilisasi harga, serta untuk meningkatkan akses pangan kelompok masyarakat rawan pangan transien khususnya pada daerah terisolir dan/dalam kondisi darurat karena bencana maupun masyarakat rawan pangan kronis karena kemiskinan.

Gambar

“Penyaluran bantuan pangan beras CPP ini merupakan perintah langsung Bapak Presiden Pj. Wali Kota Cimahi,” tutur Pj. Wali Kota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan.

Ia menambahkan mekanisme penyaluran beras ini diatur oleh Badan Pangan Nasional selaku regulator kegiatan dan menugaskan Perum Bulog (operator) untuk segera menyalurkan Cadangan Pangan Pemerintah dalam bentuk beras yang dalam hal ini PT. Pos Indonesia wilayah Jawa ditunjuk sebagai transporter untuk menyalurkan bantuan pangan tersebut sampai kepada para KPM (Keluarga Penerima Manfaat) yang ada di Kota Cimahi.

Dikdik menyebutkan peranan pemerintah pada masyarakat yang dalam kondisi rawan pangan dengan menyelenggarakan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) dan Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) untuk menyediakan cadangan pangan pokok guna memenuhi kebutuhan pangan masyarakat yang mengalami krisis pangan dan/atau rawan pangan.

Total sasaran penerima bantuan nasional adalah sebanyak 21.353.000 KPM sesuai dengan penugasan Kepala Badan Pangan Nasional. Setiap KPM memperoleh bantuan sebanyak 10 Kg/KPM/bulan dengan kualitas beras CBP medium, dan dilakukan selama 3 bulan (Maret, April dan Mei) untuk yang bulan Maret disalurkan di bulan April 2023. Adapun jumlah KPM yang akan menerima bantuan di Kota Cimahi sebanyak 37.761 KPM dengan kebutuhan 377.610 Kg, dengan rincian Kecamatan Cimahi Selatan sebanyak 15.778 KPM, Kecamatan Cimahi Tengah sebanyak 11.078 KPM, Kecamatan Cimahi Utara sebanyak 10.954 KPM.

Gambar

Diharapkan melalui penyaluran CPP ini dapat mengurangi beban pengeluaran, kerawanan pangan, kemiskinan, stunting dan gizi buruk penerima bantuan, keadaan darurat, melindungi produsen dan konsumen, dan mengendalikan dampak inflasi di Kota Cimahi.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat, Kepala Perum Bulog Kancab Bandung, Unsur Forkopimda Cimahi, Kepala Kantor PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Cimahi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Cimahi, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Cimahi,  serta Camat dan Lurah di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Cimahi. (Bidang IKPS/Dy)

Cimahi Walikota Bulan dan PMI Dikdik Suratno Pemkot Cimahi DKPP CPP Dinas Sosial


Loading...