Berikut Tips Memilih Hidangan Sehat untuk Lebaran

Berikut Tips Memilih Hidangan Sehat untuk Lebaran
Ilustrasi (Halodoc : Google)
Editor: Epenz Kuliner —Jumat, 14 April 2023 13:30 WIB

Terasjabar.id -- Perayaan lebaran atau Idulfitri merupakan momen yang dinanti-nantikan oleh seluruh umat muslim. Di Indonesia sendiri, perayaan ini biasanya identik dengan mudik ke kampung halaman untuk bertemu serta berkumpul bersama keluarga dan saudara. 

Selain momen bersilaturahmi kepada sesama, beberapa menu makanan yang disajikan pun juga melekat dengan budaya lebaran.

Biasanya makanan dengan ciri khas bersantan seperti opor ayam, rendang, kari ayam yang mengandung lemak cukup tinggi. Maka dari itu, jika dikonsumsi terlalu berlebihan bisa memicu masalah penyakit. 

Oleh sebab itu, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam memilih hidangan saat lebaran yang pastinya sehat dan juga tak kalah nikmat. Berikut ini pemaparannya seperti yang dilansir dari klikdokter.com.

1. Menghindari jeroan

Ketika lebaran, tak jarang hidangan yang disajikan adalah jeroan yang diolah berbagai macam menu masakan.

Untuk menciptakan hidangan sehat, sebaiknya mulai hindari untuk mengonsumsi jeroan terlalu banyak karena bisa memicu kolesterol. Selain kolesterol, masalah lain yang biasanya muncul adalah kenaikan asam urat di tubuh. 

2. Ganti makanan bersantan

Makanan bersantan erat kaitannya dengan momen saat lebaran, seperti olahan opor, rendang, kari, gulai dan lain sebagainya rata-rata menggunakan santan. Makanan-makanan ini sering kali menjadi penyebab munculnya kolesterol tinggi.

Sebenarnya kolesterol mempunyai manfaat yang cukup baik oleh tubuh. Namun ketika dikonsumsi secara berlebihan, bisa memicu dampak yang berbahaya bagi tubuh. Oleh sebab itu, kamu bisa mengganti santan dengan produk yang lebih sehat.

Misalnya seperti multipurpose creamer. Creamer juga tak kalah nikmat dengan santan. Maka dari itu, ketika lebaran perlu membatasi konsumsi makanan bersantan atau kamu bisa menggantinya dengan creamer, ya.

3. Batasi porsi makan

Untuk mencegah makan berlebihan, kamu perlu untuk membatasi porsi makan. Tips yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan piring kecil ketika makan.

Makan dengan piring kecil akan membuat kesan penuh makanan pada piring. Selain itu, batasi konsumsi makanan yang tidak sehat selama lebaran. 

4. Kurangi makanan manis

Kue-kue lebaran yang disuguhkan banyak yang memiliki cita rasa manis. Oleh sebab itu, perlu dibatasi ketika mengonsumsinya. Terutama untuk penderita diabetes melitus harus lebih waspada ketika menyantapnya.

Namun bagi yang tidak memiliki permasalahan pada kesehatan, perlu mengatur porsi makannya agar tidak memicu kenaikan berat badan.

Itulah beberapa tips ketika memilih hidangan sehat untuk jamuan lebaran. Selain selektif dalam hal makanan, pentingnya melakukan olahraga perlu untuk diterapkan. Semoga bermanfaat. 


Disadur dari Yoursay.id dan Suara.com 

Lebaran Idul Fitri Tips


Loading...