Berikut Beberapa Perbedaan Americano dan Long Black

Berikut Beberapa Perbedaan Americano dan Long Black
Ilustrasi (Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Kuliner —Kamis, 13 April 2023 14:37 WIB

Tersjabar.id -- Bagi pencinta kopi tentunya sudah tidak asing lagi dengan jenis-jenis kopi seperti Americano dan Long Black. Kedua jenis kopi ini sudah banyak ditemukan di buku menu beberapa coffeeshop.

Banyak yang mengira bahwa kedua jenis kopi ini merupakan jenis kopi yang sama karena keduanya merupakan jenis kopi hitam. Namun, ternyata Americano dan Long Black itu berbeda, lho! Kira-kira apa saja perbedaan dari kedua jenis kopi ini?

Dibuat dengan bahan yang sama, tak heran jika kedua kopi ini sering dianggap dengan jenis kopi hitam yang sama. Agar tidak salah pesan jika ke coffeeshop, berikut perbedaan dari Americano dan Long Black.

1. Urutan Penuangan Bahan

Bahan utama dari Americano dan Long Black adalah espresso dan air. Kedua bahan tersebut akan dicampur dalam satu cangkir. Namun,  Americano dan Long Black memiliki urutan penuangan yang berbeda.

Pada Americano, espresso akan dituang lebih dahulu dan kemudian baru menuangkan air. Sedangkan pada Long Black sebaliknya, yaitu air yang dituangkan terlebih dahulu dan kemudian dituangkan espresso.

2. Tempat Awal Kemunculan

Urutan penuangan bahan pada Americano dan Long Black dipengaruhi oleh tempat awal kemunculan kedua jenis kopi tersebut. Seperti namanya, Americano muncul dari Amerika. Kopi ini berawal dari permintaan tentara Amerika saat menetap di Italia yang meminta tambahan air pada espresso agar rasa kopi tidak terlalu mengikat.

Berbeda dengan Americano, Long Black merupakan jenis kopi hitam yang berasal dari Australia dan Selandia Baru (New Zealand). Mereka biasa membuat kopi hitam dengan menuangkan air terlebih dahulu, baru kemudian espresso.

3. Kondisi Krema

Krema adalah cairan atau buih berwarna kuning yang berasal dari ekstrasi kopi. Penuangan espresso di akhir akan membuat krema tersebut akan terjaga.

Begitu pun sebaliknya, krema yang sudah dibentuk oleh espresso akan rusak. Krema yang rusak akan memengaruhi rasa dari kopi. Oleh karena itu, Long Black dinilai memiliki cita rasa yang lebih kuat dibandingkan Americano.

4. Intensitas Rasa

Dengan perbedaan urutan bahan dari Americano dan Long Black, tentu akan menghasilkan perbedaan rasa pada kedua jenis kopi tersebut.

Selain itu, pembuatan Americano yang lebih banyak menggunakan air dibandingkan dengan Long Black juga akan memengaruhi tingkat intensitas rasa keduanya. Dapat disimpulkan bahwa Long Black memiliki rasa yang lebih intens dibandingkan dengan Americano.

Nah, itu dia beberapa perbedaan dari Americano dan Long Black! Jika dilihat sekilas, kedua kopi tersebut memang terlihat sama. Namun, ternyata keduanya memiliki ciri khas berbeda. Oleh karena itu, jangan sampai salah pesan, ya!


Disadur dari Yoursay.id dan Suara.com 

Kopi Americano Long Black Perbedaan


Loading...