Berikut Beberapa Jenis Frozen Food yang Sehat dan Aman Dikonsumsi

Berikut Beberapa Jenis Frozen Food yang Sehat dan Aman Dikonsumsi
Ilustrasi (Flexypack : Google)
Editor: Epenz Kuliner —Senin, 10 April 2023 14:53 WIB

Terasjabar.id -- Frozen food merupakan salah satu bahan makanan yang disimpan dalam bentuk beku. Frozen food banyak keuntungannya di antaranya praktis, mudah diolah, dan lebih tahan lama.

Namun, sebagian orang beranggapan bahwa semua produk frozen food tidak sehat karena mengandung bahan pengawet.

Padahal, tidak semua produk frozen food buruk. Ada beberapa jenis produk frozen food yang aman dikonsumsi dan mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. 

Dilansir dari laman Alodokter, berikut ini empat jenis frozen food yang sehat dan aman untuk dikonsumsi.

1. Sayuran

Jenis frozen food pertama yang sehat serta aman dikonsumsi adalah sayuran beku. Sayuran beku ini umumnya dibuat menjadi frozen food tanpa tambahan pengawet. Dalam proses pembekuannya juga tetap mempertahankan kadar nutrisi dalam sayuran tersebut. 

Maka dari itu, dalam sayuran beku masih terdapat kandungan nutrisi seperti vitamin, mineral, dan serat. Bahkan kandungan nutrisi dalam sayuran beku hampir sama dengan sayuran segar. 

2. Buah-buahan

Jenis frozen food selanjutnya yang sehat dan aman dikonsumsi adalah buah-buahan. Tak berbeda jauh dengan sayuran beku, dalam buah-buahan beku juga masih terdapat kandungan nutrisi yang tinggi seperti vitamin, mineral, dan serat. 

Hanya saja, tekstur buah-buahan beku akan sedikit berbeda dengan buah-buahan segar. Perbedaan tersebut terletak pada kadar air dan juga tampilannya. 

Nah, buah-buahan beku ini bisa kamu olah menjadi jus ataupun smoothies. Kamu juga bisa lho mengonsumsinya secara langsung dengan tambahan yogurt, dijamin lezat dan segar. 

3. Ikan

Membekukan ikan adalah cara yang terbaik untuk menyimpan ikan. Hal ini dikarenakan dalam prose pembekuan tersebut tidak akan merubah kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Ikan beku maupun ikan segar sama-sama memiliki kandungan protein, vitamin D, selenium, dan omega-3 yang baik untuk tubuh. 

Namun, saat akan mengolah ikan beku kamu perlu berhati-hati. Pastikan ikan telah mencair sempurna sebelum dimasak untuk menghindari adanya kontaminasi bakteri jika tidak matang sempurna saat dimasak. 

4. Daging

Sumber protein lainnya yang kerap dijadikan sebagai frozen food adalah daging. Bahan makanan ini mengandung tinggi protein, vitamin B, zat besi, dan selenium.

Sama halnya dengan ikan, sebelum mengolah daging juga harus dicairkan terlebih dulu. Tujuannya adalah agar daging dapat matang secara sempurna ketika dimasak. 

Demikian informasi tentang empat jenis frozen food yang sehat dan aman dikonsumsi. Meskipun aman untuk dikonsumsi namun mengonsumsi bahan makanan yang segar akan lebih baik.

Disadur dari Suara.com dan YOursay.id

Frozen Food Sayuran Daging Makanan Buah Ikan


Loading...