9 Rekomendasi Ide Makanan Manis yang Cocok Untuk Dijadikan Takjil Buka Puasa !

9 Rekomendasi Ide Makanan Manis yang Cocok Untuk Dijadikan Takjil Buka Puasa !
Lifestyle Okezone
Editor: Malda Kuliner —Kamis, 30 Maret 2023 15:37 WIB

Terasjabar.id - 9 Rekomendasi Ide Makanan Manis yang Cocok Untuk Dijadikan Takjil Buka Puasa ! 

Takjil atau makanan kecil yang disajikan untuk berbuka puasa menjadi hal yang dinantikan oleh banyak orang. Banyak jenis takjil yang bisa dibuat dari berbagai bahan, salah satunya adalah tepung terigu.

1. Cucur


10 takjil buka puasa dari tepung terigu

(10 takjil buka puasa dari tepung terigu, Foto: Cookpad)

Cucur berbahan dasar tepung terigu atau sering disebut juga dengan cemplung, menjadi salah satu takjil yang paling terkenal di Indonesia. Cucur yang gurih dan renyah ini terbuat dari adonan tepung terigu, gula, santan dan garam. Cucur tepung terigu biasanya dihidangkan dengan saus kacang atau gula pasir.

2. Kue Klepon

Kue klepon adalah jenis kue tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung ketan dan diisi dengan gula jawa. Namun, ada juga versi klepon yang terbuat dari adonan tepung terigu. Kue klepon yang terbuat dari tepung terigu memiliki tekstur yang lebih kenyal dan berpori-pori.

3. Dadar Gulung

10 takjil buka puasa dari tepung terigu

(10 takjil buka puasa dari tepung terigu, Foto: Cookpad)

Dadar gulung adalah makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung terigu, santan, dan telur. Dadar gulung biasanya diisi dengan kelapa parut yang dicampur dengan gula merah. Tampilan dadar gulung yang cantik dan lezat membuatnya menjadi salah satu takjil favorit saat buka puasa.

3. Pisang Goreng Tepung

Pisang goreng tepung adalah varian dari pisang goreng yang lebih garing dan renyah. Tepung terigu yang digunakan dalam adonan membuat pisang goreng menjadi lebih empuk di dalam dan renyah di luar. Pisang goreng tepung terigu biasanya disajikan dengan saus sambal atau saus coklat. 

4. Pastel

Pastel adalah makanan kecil berupa kue dadar yang diisi dengan daging dan sayuran. Pastel yang terbuat dari adonan tepung terigu memiliki kulit yang tipis dan renyah. Selain daging, pastel juga bisa diisi dengan bahan-bahan lain seperti jamur, keju atau sosis.

5. Roti Bakar

Roti bakar bukan hanya sebagai sarapan pagi, tapi juga bisa menjadi takjil buka puasa yang nikmat. Roti bakar yang diisi dengan selai kacang atau keju, kemudian dipanggang hingga renyah dan garing. Roti bakar dapat disajikan dengan madu atau gula halus sebagai topping.

6. Donat

Donat adalah makanan kecil yang terbuat dari adonan tepung terigu, telur, dan gula. Donat biasanya digoreng hingga kecoklatan dan diberi topping seperti gula halus atau coklat. Donat juga bisa diisi dengan selai atau krim.

7. Cenil

10 takjil buka puasa dari tepung terigu

(10 takjil buka puasa dari tepung terigu, Foto: Cookpad)

Cenil merupakan salah satu jenis takjil yang terbuat dari tepung ketan atau tepung beras. Namun, kali ini kamu bisa mencoba membuat cenil dari tepung terigu. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan tepung terigu dengan air panas hingga membentuk adonan yang elastis. Setelah itu, adonan dibentuk bulat kecil dan dicampur dengan kelapa parut sebagai taburan.

8. Biji Ketapang

Biji ketapang adalah salah satu jenis makanan ringan yang biasa disajikan sebagai camilan. Namun, ternyata biji ketapang juga bisa dibuat dari tepung terigu lho. Caranya sama seperti membuat biji ketapang pada umumnya, yaitu dengan mencampurkan tepung terigu, gula, air, dan pewarna makanan. Adonan lalu digoreng hingga matang dan kering.

9. Kue Lapis

Kue lapis merupakan salah satu jenis kue tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung ketan. Namun, kali ini kamu bisa mencoba membuat kue lapis dari tepung terigu. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan membuat adonan dari campuran tepung terigu, gula, santan, dan pewarna makanan. Adonan lalu dipanggang bertingkat hingga terbentuk beberapa lapisan.

(Sumber: Okezone.com) 

Makanan Manis Viral Takjil Buka Puasa Makanan Rumah Viral Tepung Terigu Rekomendasi Makanan Manis


Loading...