Berikut Beberapa Manfaat Puasa bagi Kesehatan Mental

Berikut Beberapa Manfaat Puasa bagi Kesehatan Mental
Ilustrasi (Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Life Style —Kamis, 30 Maret 2023 14:25 WIB

Terasjabar.id -Puasa Ramadhan merupakan ibadah yang wajib dilaksanakan oleh umat muslim. Pada dasarnya puasa tidak hanya menahan lapar, haus, dan hawa nafsu saja, namun ternyata puasa membawa manfaat bagi kesehatan. Seperti misalnya membantu menurunkan berat badan, mengontrol gula darah, dan menjaga kesehatan organ-organ di sistem pencernaan.Selain membawa manfaat bagi kesehatan fisik, tetapi juga berdampak bagi kesehatan mental

Dilansir dari laman Halodoc, berikut ini empat manfaat puasa bagi kesehatan mental. 

1. Mengurangi Stres

Manfaat pertama yang akan didapatkan seseorang yang berpuasa adalah mampu mengurangi stres. Hal ini dikarenakan saat berpuasa orang akan cenderung membuat jadwal makan yang lebih baik. Sehingga dapat mempengaruhi cara berpikir seseorang menjadi lebih teratur.

Selain itu, dengan adanya penurunan konsumsi karbohidrat, lemak, selama beberapa minggu, dapat meningkatkan kemampuan berpikir. Jadi, jika kemampuan berpikir seseorang meningkat maka dapat mengelola emosi dengan lebih baik sehingga dapat terhindar dari stres. 

2. Meningkatkan Suasana Hati

Manfaat selanjutnya yang akan didapatkan jika berpuasa adalah suasana hati menjadi lebih baik. Hal ini berdasarkan penelitian dalam Journal of Nutrition Health & Aging, disebutkan bahwa setelah tiga bulan berpuasa maka seseorang mengalami peningkatan suasana hati. Selain itu juga mengalami penurunan ketegangan, kemarahan, dan kebingungan. Seseorang akan lebih sering merasa bahagia dengan berpuasa dan terhindar dari mood yang buruk. 

3. Meningkatkan Memori

Dalam berpuasa tentunya terjadi pembatasan jam makan. Pembatasan jam makan inilah yang membawa manfaat baik bagi ingatan seseorang. Daya ingat seseorang cenderung akan meningkat setelah menjalani puasa. Peningkatan daya ingat ini juga dapat mengurangi risiko penurunan fungsi kognitif di kemudian hari. 

4. Menjauhkan dari Kebiasaan Negatif

Manfaat terakhir puasa bagi kesehatan mental yang dapat membuat seseorang menjadi pribadi yang lebih baik dan jauh dari hal negatif. Puasa bertujuan untuk beribadah dan meningkatkan akhlak serta kebiasaan yang baik.

Ibadah yang dimaksud bukan hanya menahan diri dari rasa lapar dan haus melainkan juga menjauhkan diri dari keburukan dan kebiasaan negatif. Misalnya seperti marah, berdebat, berkelahi, atau bernafsu. Sehingga dengan berpuasa seseorang akan jarang melakukan kebiasaan buruk tersebut atau bahkan tidak melakukannya sama sekali. 

Itulah empat manfaat puasa bagi kesehatan mental. Selain membuat fisik sehat, mental juga akan menjadi sehat dengan berpuasa. 

Disadur dari Yoursay.id dan Suara.com 

Ramadhan Puasa Manfaat Kesehatan Mental


Loading...