Alasan dan Kronologi FIFA Batalkan Piala Dunia U20 Di Indonesia

Alasan dan Kronologi FIFA Batalkan Piala Dunia U20 Di Indonesia
Pikiran Rakyat
Editor: Malda Sport Style —Kamis, 30 Maret 2023 11:28 WIB

Terasjabar.id - Otoritas tertinggi sepak bola dunia atau FIFA akhirnya resmi mengeluarkan sikap membatalkan pelaksanaan Piala Dunia U20 di Indonesia, Rabu 29 Maret 2023.

Latar belakang FIFA memutuskan menghapus Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 tidak lain disebabkan soal situasi di Indonesia yang tidak kondusif.

"Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA  Gianni Infantino dan Presiden Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia ( PSSI Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk menghapus Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2023," sebut FIFA dalam pernyataan resminya.

Sebagaimana diketahui, penyelenggaraan Piala Dunia U20 batal digelar di Indonesia karena terjadi penolakan terhadap Timnas Israel yang bakal turut andil turnamen bergengsi itu.

Timnas Israel sebetulnya sudah resmi lolos ke Piala Dunia U20 2023 sejak Juni 2022 silam, dan menjadi lima wakil dari Eropa yang bakal tampil.

Sementara soal keputusan Indonesia ditunjuk tuan rumah Piala Dunia U20 ditetapkan oleh FIFA pada 2019 lalu.

Adapun kronologi pembatalan Indonesia menjadi tuan rumah  Piala Dunia U20 berawal dari adanya pihak menolak Isarel untuk berpartisipasi.

Narasi penolakan itu muncul jelang pelaksanaan drawing yang semula diagendakan pada 31 Maret 2023.

Beberapa pihak yang menolak Israel ikut di Piala Dunia U20 di Indonesia di antaranya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta Guberner Bali I Wayan Koster.


Ganjar Pranowo menolak Israel bermain di Jawa Tengah, lebih tepatnya Stadion Manahan, Surakarta, yang menjadi salah satu venue kompetisi sepak bola level junior tersebut.

Alasan Ganjar Pranowo menolak Israel karena sikap dukungan dan komitmen untuk kemerdekaan Palestina.

"Sehingga penyelenggaraan  Piala Dunia U20 bisa dilakukan tanpa mengorbankan komitmen panjang kita untuk mewujudkan Palestina merdeka. Serta, tetap menjaga kedamaian sosial-politik di dalam negeri Indonesia," kata Ganjar kala itu.

"Saya berharap agar diupayakan langkah-langkah terobosan bersama, tanpa kehadiran Israel," katanya.

Selain itu, dia juga menjadikan amanat Presiden RI Indonesia, Ir Soekarno, sebagai alasan lain penolakan Israel.

Sedangkan Gubernur Bali, bahkan sampai mengeluarkan surat tentang penolakannya terhadap Isarel.

Dalam surat bernomor T.00.426/11470/SEKRET, Wayan Koster melarang Israel bermain di Bali, tepatnya Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

"Kami mohon agar Bapak Menteri mengambil kebijakan untuk melarang tim dari negara Israel ikut bertanding di Provinsi Bali," tulis surat tersebut.

"Kami, Pemerintah Provinsi Bali menyatakan menolak keikutsertaan tim dari negara Israel untuk bertanding di Provinsi Bali," tulisnya lagi dalam surat bernomor T.00.426/11470/SEKRET.

Narasi penolakan terhadap Israel juga muncul di media sosial. Selain itu, pada awal Maret 2023 lalu sejumlah pihak dari organisasi massa juga mengeluarkan sikap atas eksistensi Israel ini.

Menyusul penolakan tersebut, FIFA langsung merespon dengan batalnya agenda drawing yang semula diagendakan pada 31 Maret di Bali.

Hal itu kemudian menjadi perbincangan di masyarakat dan sampai membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) turun tangan.

Jokowi pada Selasa (28/3/2023) kemarin mengutus Ketua PSSI Erick Thohir untuk mencari jalan keluar atas permasalahan ini.

PERTEMUAN PSSI DAN FIFA- Dua foto saat Ketua Umum PSSI, Erick Thohir sedang berbincang dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino. Publik sepak bola di tanah air berharap-harap cemas menantikan hasil dari upaya negosiasi yang dilakukan Ketua Umum PSSI Erick Thohir dengan FIFA di Doha, Qatar. Berita terkait hasil negosiasi Erick Thohir dengan FIFA di Doha, Qatar sangat dinantikan pecinta sepak bola di Indonesia.
PERTEMUAN PSSI DAN FIFA- Dua foto saat Ketua Umum PSSI, Erick Thohir sedang berbincang dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino. Publik sepak bola di tanah air berharap-harap cemas menantikan hasil dari upaya negosiasi yang dilakukan Ketua Umum PSSI Erick Thohir dengan FIFA di Doha, Qatar. Berita terkait hasil negosiasi Erick Thohir dengan FIFA di Doha, Qatar sangat dinantikan pecinta sepak bola di Indonesia. (Tangkapan layar Twitter/@Kurawa)

Tak butuh waktu lama, Erick pun langsung berangkat untuk bertemu pihak FIFA pada malam harinya.

Namun usaha Erick untuk melobi FIFA agar pelaksanaan  Piala Dunia U20 tetap digelar di Indonesia tak berhasil.

FIFA akhirnya merilis pernyataan bahwa Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Duni U20 2023.

Erick mengaku sudah berjuang maksimal untuk memperjuangkan agar penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tetap digelar di Indonesia.

Namun keputusan yang diberikan FIFA tak bisa diganggu gugat. Indonesia sebagai anggota dari lembaga tertinggi sepak bola dunia harus patuh dengan putusan tersebut.

"Saya sudah berjuang maksimal. Setelah menyampaikan surat dari Presiden Jokowi, dan berbicara panjang dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino, kita harus menerima keputusan FIFA yang membatalkan penyelenggaraan event yang kita sama-sama nantikan itu," ujar  Erick Thohir dari Doha, Qatar melalui keterangan yang diterima Tribunnews.

Erick menyatakan, untuk urusan sepakbola internasional Indonesia sebagai salah satu anggota FIFA harus mengikuti aturan yang sudah ditetapkan.

"Meskipun saya tadi sudah menyampaikan segala hal kepada Gianni, apa yang dititipkan Presiden, pecinta sepakbola, anak-anak timnas U-20, dan juga suporter setia sepakbola, tapi karena kita anggotanya dan FIFA menilai situasi saat ini tidak bisa dilanjutkan penyelenggaraannya, maka kita harus tunduk," lanjut Erick.

Erick pun berusaha mengambil hikmah dari prahara berat bagi sepakbola nasional ini.

"Kita harus tegar. Saya minta semua pecinta sepakbola tetap berkepala tegak atas keputusan berat FIFA ini. Sebab saya berpendirian, karena itu, ini saatnya kita harus membuktikan kepada FIFA untuk bekerja lebih keras untuk melakukan transformasi sepak bola, menuju sepak bola bersih dan berprestasi," pungkasnya.



Artikel ini telah tayang di Tribun-Bali.com dengan judul Ini Penyebab FIFA Batalkan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20, Latar Bekalang & Kronologinya, https://bali.tribunnews.com/2023/03/30/ini-penyebab-fifa-batalkan-indonesia-jadi-tuan-rumah-piala-dunia-u20-latar-bekalang-kronologinya?page=all.

FIFA Piala Dunia U 20 Indoensia Timnas Bai PSSI Indonesia Israel Indonesia erick thohir Viral


Loading...