Situs Keramat Kalijaga dan Wisata Plangon Jadi Ajang Ngabuburit

Situs Keramat Kalijaga dan Wisata Plangon Jadi Ajang Ngabuburit
Editor: Epenz Teras Kuningan —Kamis, 30 Maret 2023 10:45 WIB

Terasjabar.id -- Sejak awal bulan Ramadhan Situs Keramat Kalijaga Kota Cirebon, banyak dikunjungi pendatang dari berbagai penjuru kota.

Lokasi tersebut menjadi ajang ngabuburit sambil menunggu saat berbuka puasa. Lahan Situs Keramat seluas dua hektar itu dihuni oleh monyet-monyet liar, yang kerap turun ke jalan atau menyebrangi sungai yang tak jauh dari Situs Keramat. Puluhan monyet berkeliaran beberapa diantaranya ada yang sambil menggendong anak.


Menurut Jojo warga Gunungsari Cirebon, monyet-monyet liar itu sangat bersahabat dengan pengunjung bahkan mereka sudah terbiasa berhadapan dengan pengunjung. Mereka nampak senang saat pengunjung mendekat sambil melemparkan makanan berupa kacang atau buah pisang.


Rebutan menangkap buah pisang atau makanan lainnya itu, menjadi tontonan menarik dan ajang hiburan bagi para pengunjung, ujar dia Rabu sore (29/03)
Obyek wisata fauna di Situs Keramat itu, memiliki daya tarik tersendiri. Selain gratis juga dapat melihat monyet-monyet liar dari dekat sambil memberi makanan, ujar Edi (29) pengunjung asal Harjamukti Cirebon.
Pengunjung lainnya Saerah (41) sengaja ngabuburit ke Situs Keramat ini, sambil menunggu bedug magrib.


Wisata kesini murah meriah, kita tidak dipungut tiket. Kalau toh mengeluarkan uang tak lebih Rp 5.000, sekedar membeli buah pisang atau kacang untuk memberi makanan monyet, tuturnya.
Sementara itu, wisata serupa di Plangon Desa Babakan kecamatan Sumber juga ramai di kunjungi setiap bulan ramadhan. Lokasi wisata Plangon ini dikenal pula banyak monyet-monyet liar yang kerap turun ke tepi jalan, sambil berharap belas kasihan pengunjung. (H WAWAN JR)

Ramadhan Keramat Kalijaga Wisata Plangon Ngabuburit


Loading...