Perupa Cirebon Iskandar 3 Kali wakili Jabar ke PKN

Perupa Cirebon Iskandar 3 Kali wakili Jabar ke PKN
Bersama lukisan Wakil wali kota Cirebon Hj. Eti Herawati
Editor: Malda Teras Kuningan —Rabu, 29 Maret 2023 18:02 WIB

Perupa otodidak wong Cirebon ini, memiliki bakat alami yang terus menerus ditekuni sejak usia SD hingga sekarang. Bahkan ia kerap mewakili Jawa Barat ke acara "Pekan Kebudayaan Nasional" (PKN).

Adalah Iskandar pengrajin jebolan STM yang lebih dikenal dengan panggilan Abeng ini, baru saja ikut tampil di event "Pameran Tampak Muka", yang berlangsung di kota Cirebon 18-25 Maret 2023.

Abeng saat ditemui di gudang kpr Griya Damai Kusuma 1 No A3, Desa Megu cilik, kabupaten Cirebon, berkisah perjalanan hidupnya di dunia seni rupa. Karyanya tak terhitung lagi karena minimnya dokumen Bisa jadi sekian ratus lukisan yang sudah dibuat, ungkap Abeng seraya mengingat-ingat hasil karyanya.

Beragam jenis lukisan yang digarap, selain Naturalis dan Realis, termasuk surealisme, karikatur, abstrak hingga kontemporer, terang Abeng yang lahir di Cirebon, 8 Mei 1975.

Ihwal harga sebuah lukisan sebenarnya bervariatif, tergantung jenis lukisan, sebut saja ayah 2 anak dari pernikahannya dengan Istri tercinta Susana asal Kuningan.

Menurut Abeng, melukis itu pekerjaan dan hobi. Saya bekerja dirumah saja artinya tidak pernah mangkal, imbuh dia.

Pengalaman pameran, saya melanglang buana ke beberapa kota, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan DKI Jakarta. Sementara untuk online pernah tampil di salah satu platfoam yang ada di Jerman.

Kemudian pernah 3 kali mewakili Jawa barat sebagai peserta pameran PEKAN KEBUDAYAAN NASIONAL 1 - 3 dan event nasional lainnya, papar Abeng.

Menyikapi perhatian pemerintah terhadap seniman khususnya pelukis, sejauh saya merasakan perhatian kepada pelukis biasa saja, tidak seperti pada seni pertunjukan yang lebih berasa dan beda, kesan dia.

Masalah suka duka bagi perupa, tentunya banyak sekali tapi mungkin sulit untuk diceritakan secara detail, pungkas dia.

(H WAWAN JR)

Perupa Cirebon Iskandar 3 Kali wakili Jabar ke PKN


Loading...