PAUD se-Kecamatan Tarogong Kidul Bersama-sama Mendaftarkan IKM 2023/2024

PAUD se-Kecamatan Tarogong Kidul Bersama-sama Mendaftarkan IKM 2023/2024
Korwil, Edi Sutrisno, S.Pd., M.Pd., tengah memberikan sambutan dalam pendaftaran bersamaan PAUD Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) tahun 2023/2024.
Editor: Jajang Teras Garut —Selasa, 28 Maret 2023 20:54 WIB

TARKID, (terasjabar.id).- Mungkin hanya di Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Tarogong Kidul yang mendorong dan mengajak satuan PAUD di lingkungannya untuk melakukan pendaftaran secara bersamaan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) tahun 2023/2024, atas dasar informasi bahwa dibuka mulai tanggal 6 Februari - 31 Maret 2023.

Adapun tujuan dari mendaftarkan lembaga ini bagi sekolah yang saat ini masih menerapkan kurikulum 2013, kesempatan yang baik untuk menerapkan kurikulum merdeka mulai tahun ajaran 2023/2024 yang secara kebetulan bertepatan dengan peluncuran Merdeka Belajar Episode ke-24 “Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan”.

Pendaftaran ini sesuai dengan acuan program sekolah penggerak dengan asumsi kurikulum Merdeka. Dan jika telah lolos secara online maka PAUD tersebut otomatis mengunakan kurikulum Merdeka, dengan tiga tahapan yaitu mandiri belajar, mandiri berubah dan mandiri berbagi.

Acara dibuka oleh Korwil, Edi Sutrisno, S.Pd., M.Pd., bersama Ketua Ikatan Penilik Indonesia (IPI) Kabupaten Garut, Mahmud Rochmat, S.Pd., M.Pd., dengan diikuti lebih kurang 80 kepala beserta operatornya dari sejumlah 140 PAUD yang ada, juga jajaran pengurus IPI Kabupaten Garut di Aula PGRI Cabang Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (28/03/2023).

Korwil Edi Sutrisno meminta kepada semua PAUD untuk betul-betul dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka, jangan hanya label sekolah penggerak tapi tidak bergerak, karena sekolah penggerak ini merupakan sekolah inti sehingga semua yang ada dilingkungan harus diketahui dan mengetahuinya.

Dalam kesempatan ini Korwil Edi Sutrisno juga menekankan tentang kedisiplinan yang berkaitan dengan waktu. Karena kalau tidak bisa menghargai waktu bagaimana mungkin bisa maju kedepannya. Soal tidak menghargai kepada dirinya tidak apa-apa, tapi pada waktu harus bisa menghargainya.

Selain itu, ia juga meminta untuk memperhatikan hal-hal yang sangat esensial terutama tentang data dan tertib administrasi yang akan berdampak pada program-program kedepannya.

Tapi, pihaknya tidak memaksa kalau ada PAUD yang tidak mau konsen pada kelembagaan, tidak mau ada perubahan atau tidak mau dibina, dan tetep dalam kelalaiannya. PAUD tersebut tinggal mengajukan surat kedinasan bahwa lembaganya itu tidak akan dilanjutkan. ***Jajang Sukmana

PAUD se-Kecamatan Tarogong Kidul Bersama-sama Mendaftarkan IKM 2023/2024


Loading...