Jadi Salah Satu Menu Takjil Favorit, Berikut Manfaat Cincau bagi Kesehatan Tubuh

Jadi Salah Satu Menu Takjil Favorit, Berikut Manfaat Cincau bagi Kesehatan Tubuh
Ilustrasi Cincau (Alodokter : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Selasa, 28 Maret 2023 15:50 WIB

Terasjabar.id -- Cincau merupakan bahan makanan yang memiliki tekstur kenyal menyerupai agar-agar. Cincau terbuat dari ekstrak daun cincau yang mukanya berbentuk cair kemudian mengental dan sedikit mengeras. Cincau umumnya diolah menjadi minuman yang menyegarkan seperti es cincau, es campur, maupun milk tea. 

Cincau juga menjadi salah satu menu takjil favorit. Karena selain menyegarkan rasanya juga nikmat. Ternyata di balik rasanya yang nikmat, cincau juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Dilansir dari Alodokter, berikut 5 manfaat cincau bagi kesehatan tubuh. 

1. Meningkatkan Imunitas

Dalam cincau terdapat kandungan senyawa bioaktif, seperti klorofil, alkaloid, terandin, saponin, dan flavonoid. Kandungan tersebut berfungsi sebagai imunomodulator artinya dapat menjaga keseimbangan komponen dalam sistem kekebalan tubuh. 

Hal ini juga berdampak pada meningkatnya sistem kekebalan tubuh sehingga kamu bisa terhindar dari risiko terkena infeksi virus atau bakteri penyebab penyakit. 

2. Mencegah Diabetes

Dalam cincau juga diketahui mengandung zat antioksidan yang cukup tinggi. Zat antioksidan ini memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya stres oksidatif yang merupakan salah satu pemicu penyakit diabetes melitus.

Tak hanya itu, cincau juga mengandung serat yang cukup tinggi. Kandungan serat ini diketahui dapat membantu menjaga keseimbangan kadar gula darah. Sehingga dengan mengonsumsi cincau kamu akan terhindar dari risiko terjadinya lonjakan kadar gula dalam darah. 

3. Menjaga Kesehatan Lambung

Cincau juga diketahui dapat menjaga kesehatan lambung. Hal ini berkat adanya kandungan flavonoid, saponin, polifenol, dan alkaloid dalam cincau. Kandungan tersebut berfungsi untuk mencegah kerusakan dinding lambung akibat meningkatnya asam lambung.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Adanya kandungan serat dan klorofil dalam cincau dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan kandungan tersebut dapat mencegah terjadinya hiperlipidemia atau tingginya kadar lemak jahat dalam darah. Kadar lemak jahat yang tinggi dapat menimbulkan berbagai penyakit di pembuluh darah dan jantung, seperti hipertensi, serangan jantung, bahkan stroke.

5. Mengobati Diare

Manfaat cincau yang terakhir bagi kesehatan tubuh adalah dapat membantu mengobati diare. Ekstrak daun cincau diketahui memiliki kemampuan menyembuhkan diare yang setara dengan loperamide atau obat diare.

Nah, itulah lima manfaat cincau bagi kesehatan tubuh. Agar kamu mendapatkan manfaat cincau tersebut, maka sebaiknya konsumsi cincau yang diproses dengan bersih dan tanpa tambahan bahan kimia maupun pemanis buatan.

Disadur dari Yoursay.id dan Suara.com 

Cincau Takjil Kesehatan Tubuh Ramadan


Loading...