Gempa Bermagnitudo M5,5 Guncang Banggai Sulteng

Gempa Bermagnitudo M5,5 Guncang Banggai Sulteng
Ilustrasi (Detik.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 28 Maret 2023 13:51 WIB

Terasjabar.id - Gempa magnitudo 5,5 terjadi di Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah pada pukul 12.19 WITA, Selasa, (28/3/2023).

"Pusat gempa di laut 30 kilometer timur laut Banggai atau di Teluk Tomini kedalaman 65 kilometer," tulis rilis dari BMKG Stasiun Geofisika Palu, dilansir Antara.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0,43° LS ; 123,57° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 30 Km arah Timur Laut, dan gempa yang terjadi merupakan jenis gempa menengah akibat adanya deformasi batuan dalam Lempeng Sangihe di bawah Teluk Tomini.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan, bahwa gempa memiliki mekanisme pergerakan geser naik atau oblique thrust.

Dampak gempa dirasakan di Kota Luwuk, Banggai dengan skala intensitas IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah ), kemudian wilayah Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo dengan skala intensitas II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah).

"Hingga Pukul 12.35 WITA hasil pemantauan BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan atau aftershock," ucapnya.

BMKG juga mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak panik, serta tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Kepanikan justru hanya membuat situasi tidak kondusif dan membahayakan diri sendiri," ujarnya.

Warga diminta menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa, lalu periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal tahan terhadap guncangan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah.

Disadur dari Okezone.com 

Gempa Bumi Kabupaten Banggai Provinsi Sulteng BMKG


Loading...