VIRAL ! Imam Sholat Tarawih Sambil Live Tiktiok, Bolehkah ? Begini Jawaban MUI

VIRAL ! Imam Sholat Tarawih Sambil Live Tiktiok, Bolehkah ? Begini Jawaban MUI
Suara Moots
Editor: Malda Teras Viral —Selasa, 28 Maret 2023 11:39 WIB

Terasjabar.id - Viral video imam salat tarawih yang melakukan live TikTok. Video yang dibagikan ulang oleh akun Instagram @terang media pada Sabtu, (25/3/2023) ini telah mendapat  757 likes dan 147 komentar.

Bahkan, tidak hanya warganet, MUI (Majelis Ulama Indonesia) pun ikut memberikan komentar terkait ustaz yang imami salat sambil melakukan live di media sosial ini.

Dalam video yang beredar, ada dua live berbeda yang dilakukan imam saat salat tarawih. Pada video pertama, terlihat pria berpakaian gamis putih dan memakai sorban kotak-kotak hitam putih.

Di awal video, ia baru saja melakukan salam. Kemudian bangkit untuk melaksanakan salat tarawih yang berikutnya. Dalam gerakan salatnya, terdengar bacaan surah Al-fatihah dan ayat pendek, sebagaimana salat pada umumnya.

Sementara di video kedua, imam lain pun juga melakukan live saat beribadah sunnah ini. Berbeda dengan sebelumnya, imam membaca bacaan alfatihah dan ayat pendek lebih tartil dan perlahan. Makmum yang mengucap ‘Amin’ seusai bacaan Al-fatihah juga terdengar bersemangat dalam video tersebut.

Menurut Ketua Komisi Fatwa MUI KH Asrorun Niam Shole, salat adalah ibadah mahdlah, kewajiban keagamaan yang bersifat dogma. Pada prinsipnya, salat adalah cermin kepatuhan dan ketundukan seorang hamba pada Allah SWT.

“Sepanjang pelaksanaan salatnya memenuhi syarat dan rukun, tentu diperbolehkan,” lanjut Niam.

Ia pun menambahkan, tetapi perlu dilihat kondisi dan motivasi imam saat imam salat sambil live Tiktok. Kalau motivasinya untuk memberikan inspirasi bagi orang lain untuk salat, bagus. Tapi kalau motivasinya untuk pamer, bisa hilang pahalanya.

Guru Besar hukum Islam UIN Jakarta ini juga menyarankan agar tidak meminta saweran saat saat live di Tiktok atau media sosial.

"Ya jangan (minta saweran/gift), salat itu merupakan kewajiban setiap individu muslim. Sifatnya personal, hubungan antara hamba dengan Allah SWT," tutup Niam.

Melihat hal ini, warganet pun ikut meramaikan komentar.

“Bener kata MUI, ibadah salat itu berurusan langsung ama Allah SWT. Soal diterima/tidak, dapat pahala atau nggak, itu hak prerogatif Allah, bukan ranah manusia,” tulis akun @dwi*****.

“Saya Kristen tapi saya merasa sedih saja karena tau Islam adalah agama yang sangat tertib dalam beribadah dan saya tahu muslim sangat menghargai Tuhannya,” timpal akun @marz*********** .

(Sumber: Suara.com) 

Tarawih Sholat live tiktok MUI Salat Tarawih Gerakan Shalat Fatwa MUI


Loading...