TUMBUHKAN IKLIM INOVASI DAERAH, KOMPETISI INOVASI ChiMA 2023 RESMI DIBUKA

TUMBUHKAN IKLIM INOVASI DAERAH, KOMPETISI INOVASI ChiMA 2023 RESMI DIBUKA
Editor: Malda Teras Cimahi —Selasa, 28 Maret 2023 09:24 WIB

Terasjabar.id - Cimahi | Dalam upaya mendorong daya saing daerah dan menumbuhkan iklim inovasi di Kota Cimahi, Pemerintah Daerah Kota Cimahi melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Cimahi menyelenggarakan Kompetisi Inovasi Cimahi Motekar Awards (ChiMA) tahun 2023.

Kompetisi inovasi ChiMA tahun 2023 secara resmi dibuka oleh Pj. Wali Kota Cimahi, Dikdik S. Nugrahawan, di Aula Gedung A Gedung Pemerintah Daerah Kota Cimahi, Senin (27/03).

“Tuntutan kehidupan dalam menghadapi era global megatrend mendorong kita untuk terus melakukan inovasi di segala bidang dengan memanfaatkan teknologi,” ujar Dikdik saat membuka Kompetisi Inovasi ChiMA 2023.

Dikdik juga menyampaikan ide-ide dan gagasan kreatif dan inovatif dari seluruh lapisan masyarakat menjadi sebuah hal yang sangat ditunggu dan harapkan oleh Pemerintah Daerah Kota Cimahi, “Oleh karena itu, sebagai salah satu upaya untuk menstimulus ide-ide dan gagasan inovatif dari seluruh lapisan masyarakat di Kota Cimahi, Pemerintah Kota Cimahi hari ini kembali menyelenggarakan Kompetisi Inovasi ChiMA tahun 2023,” ungkapnya.

Ia juga menegaskan berbagai apresiasi dan penghargaan terbaik di bidang inovasi serta kreatifitas yang telah diterima oleh Pemerintah Kota Cimahi sepanjang tahun 2022 bukanlah akhir dari perjuangan, “Hal ini justru menjadi bukti komitmen dan konsistensi dari pemerintah kota dan seluruh stakeholders dalam menjaga keberlanjutan pengembangan inovasi di Kota Cimahi,” tegasnya.

Dikdik juga berharap inovasi yang dihasilkan pada kompetisi ini diharapkan dapat sinergis dan mendukung terhadap rencana prioritas pembangunan kota pada tahun 2023.

Gambar

 Kompetisi Inovasi ChiMA tahun 2023 merupakan yang ketiga kalinya diadakan oleh Pemkot Cimahi. Tema kompetisi ChiMA tahun 2023 adalah “Penguatan Inovasi untuk Peningkatan Daya Saing Daerah”, sedangkan tagline kompetisi inovasi tahun ini adalah “Ngahiji (mengembangkan hadirnya jiwa inovasi) untuk prestasi Cimahi” yang selaras dengan tagline Kota Cimahi yaitu “Cimahi Ngahiji” yang berarti bersatu membangun Cimahi.

Rangkaian pelaksanaan kompetisi direncanakan akan dilaksanakan mulai hari ini senin 27 Maret 2023 yaitu Launching Kompetisi Inovasi ChiMA Awards 2023, hingga penetapan pemenang serta penyerahan hadiah yang akan dilaksanakan pada bulan Juni 2023 bertepatan dengan perayaan HUT Kota Cimahi yang ke 22.

Kategori inovasi yang dilombakan pada Kompetisi Inovasi ChiMA tahun 2023 meliputi kategori sosial, ekonomi, kapasitas sumberdaya manusia, birokrasi serta kategori infrastruktur wilayah. Sedangkan tahapan kompetisi ini dimulai dari tahap pendaftaran dan pengisian data inovasi melalui aplikasi Piramida, sosialisasi dan bimbingan teknis kompetisi inovasi, seleksi 1 untuk penentuan 5 besar finalis dari setiap kelompok peserta, seleksi 2 untuk penentuan 3 besar finalis dari setiap kelompok peserta yang dilanjutkan dengan tahap presentasi dan penilaian video via youtube sehingga akhirnya didapatkan pemenang ChiMA Awards 2023.

Untuk menjaga obyektifitas penilaian sekaligus diharapkan dapat memberikan umpan balik untuk penyempurnaan inovasi-inovasi yang mengikuti kompetisi, pada Kompetisi Inovasi ChiMA 2023 tim juri penilai berasal berbagai unsur, meliputi unsur pemerintahan, akademisi, bisnis, komunitas serta unsur media. Selain itu untuk memastikan validitas data pendukung inovasi serta menjaga netralitas penilaian, tim verifikator eksternal yang berasal dari kalangan akademisi juga akan dilibatkan dalam tahapan penilaian.

Adapun kompetisi inovasi tahun ini diikuti oleh peserta kompetisi yang terbagi kedalam 7 kelompok, meliputi:

  1. Kelompok 1 Perangkat Daerah terdiri dari Perangkat Daerah, Kecamatan, RSUD Cibabat, dan bagian pada Setda;
  2. Kelompok 2 Puskesmas /UPTD /BLUD /Kelurahan;
  3. Kelompok 3 Karyawan Pemkot Cimahi yang terdiri dari PNS, PPPK, Non-ASN (THL, Tenaga ahli, Outsourcing);
  4. Kelompok 4 Pelajar dan Mahasiswa yang terdiri dari pelajar mencakup seluruh jenjang pendidikan serta mahasiswa perguruan tinggi;
  5. Kelompok 5 Tenaga Pendidik dan Pengajar yang terdiri dari Guru SD, SMP, SMA/SMK serta Dosen Perguruan Tinggi;
  6. Kelompok 6 Masyarakat umum meliputi Komunitas, Perorangan, Koperasi dan UKM;
  7. Predikat khusus yaitu Perangkat Daerah Terinovatif.

(Bidang IKPS/Dy)

Cimahi ChiMA Bappelitbangda Kompetisi Inovasi Cimahi Motekar Awards Dikdik Aula Gedung A Pemkot Cimahi


Loading...