Pertamina Jawab Alasan Kenapa Kapal Tankernya Bisa Terbakar Saat Lakukan Labuh Jangkar

Pertamina Jawab Alasan Kenapa Kapal Tankernya Bisa Terbakar Saat Lakukan Labuh Jangkar
Suara.com
Editor: Malda Teras Viral —Senin, 27 Maret 2023 11:33 WIB

Terasjabar.id - PT Pertamina International Shipping (PIS) mengungkap dugaan awal kebakaran Kapal MT Kristin pengangkut BBM, dalam siaran persnya Pertamina mengatakan sumber api berasal dari forecastle atau mooring deck depan.

Humas PIS Roberth Marcelino mengatakan insiden tersebut terjadi saat kapal melakukan labuh jangkar.

"Titik api terlihat berasal dari forecastle atau mooring deck depan dan penyebab timbulnya api masih diselidiki lebih lanjut," kata Roberth dikutip Senin (27/3/2023).

Robert menyebut sebanyak 17 kru kapal berupaya optimal untuk memadamkan api, namun belum berhasil. Sehingga, nakhoda memutuskan untuk segera evakuasi.

Dalam proses evakuasi, tiga kru yang tengah melakukan operasional jangkar lompat ke laut terlebih dahulu dan saat ini masih dalam pencarian.

Sementara, 14 kru lainnya dipastikan selamat. Menurut Robert, saat proses evakuasi para kru kapal dibantu oleh nelayan sekitar.

"Kru kapal yang selamat saat ini berada di TBBM (terminal bahan bakar minyak) Ampenan," ujarnya.

Robert mengatakan Tim Emergency Response PIS terus berkoordinasi dengan kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) setempat, Pelindo, dan otoritas lainnya untuk proses evakuasi, penanggulangan kru kapal, serta pemadaman.

"PIS menekankan perlunya mengutamakan dan menyerukan pentingnya aspek keselamatan dalam seluruh kegiatan operasional baik untuk kru kapal dan juga memastikan kargo muatan kapal," ujarnya.

Kapal MT Kristin merupakan kapal milik PT Hanlyn Jaya Mandiri yang saat ini tengah disewa oleh PIS untuk mengangkut BBM ke TBBM Ampenan dan TBBM Sanggaran.

Kapal MT Kristin terbakar di perairan yang tidak jauh dari Terminal BBM Ampenan Kota Mataram, NTB, Minggu (26/3/3/2023) sekitar pukul 15.30 WITA. 

(Sumber: Suara.com) 

Pertamina Kapal Tanker Viral Labuh Jangkar Viral Mooring Deck evakuasi


Loading...