Berikut Beberapa Cara Mencuci Handuk agar Lebih Bersih

Berikut Beberapa  Cara Mencuci Handuk agar Lebih Bersih
Ilustrasi (CNN Indonesia : Google)
Editor: Epenz Life Style —Kamis, 23 Maret 2023 14:58 WIB

Terasjabar.id -- Walaupun handuk hanya digunakan saat mandi, tapi sangat mungkin bagi bakteri untuk menempel dan bersarang di handuk. Handuk yang digunakan setiap habis mandi harus dijaga kebersihannya, karena jika handuk selalu dipakai tanpa dicuci dan dibiarkan terlalu lama akan menjadi tempat kuman dan bakteri berkembang biak. Hal tersebut terjadi karena bakteri menyukai lingkungan yang lembap seperti handuk. Jika kamu memiliki luka terbuka di tubuh, maka akan memberikan kesempatan besar untuk bakteri yang ada di handuk sampai pindah ke kulit dan masuk ke dalam luka untuk menginfeksi.

Handuk perlu rutin dicuci agar tidak menjadi sarang kuman dan bakteri. Handuk dapat segera dicuci jika sudah mengeluarkan aroma tak sedap karena menjadi indikasi pertumbuhan bakteri dan jamur. Tapi mencucinya tidak boleh dilakukan sembarangan. Ada beberapa cara mencuci handuk biar bersih dan menjaga seratnya tetap lembut, berikut cara yang bisa kamu coba:

1. Tidak menggunakan terlalu banyak detergen untuk mencuci handuk

Menggunakan detergen untuk mencuci handuk memang penting agar handuk lebih bersih, tapi banyak orang yang menggunakan terlalu banyak detergen agar handuk menjadi lebih bersih. menganggap bahwa semakin banyak sabun detergen yang digunakan maka handuk atau cucian akan semakin bersih. Padahal, menggunakan detergen terlalu banyak dapat mengurangi kelembutan kain handuk dan menghasilkan residu detergen yang dapat menumpuk pada permukaan handuk sehingga membuat handuk kaku dan mengeras.

Mencuci handuk dengan detergen yang banyak pada handuk berwarna putih dapat mengubah warnanya menjadi keabu-abuan. Gunakan detergen secukupnya, kira-kira 1-2 sendok makan untuk satu kali pencucian, itu cukup untuk mencuci handuk agar bersih dan wangi.

2. Coba gunakan air panas untuk mencuci handuk

Cara mencuci handuk agar lebih bersih adalah menggunakan air panas. Air dengan suhu yang tinggi lebih efektif membunuh kuman yang menempel di handuk. Tapi, sebelum kamu mencoba mencuci handuk menggunakan air panas, ada baiknya kamu membaca instruksi mencuci yang tertera di label handuk. Beberapa jenis handuk mungkin tidak disarankan untuk direndam di air panas karena dapat merusak kain dan serat handuk.

3. Tidak menggabungkan handuk dengan pakaian kotor lainnya

Salah satu cara mencuci handuk yang benar adalah memisahkannya dengan pakaian kotor lain dengan handuk yang ingin dicuci. Hal tersebut perlu dilakukan karena handuk memiliki serat-serat kain yang lebih lembut dan mudah rontok bila dibandingkan dengan bahan pakaian, sehingga jika dicuci bersamaan dengan pakaian kotor lain, serat-serat kain tersebut bisa terlepas dan menempel pada pakaian.

Selain itu, kumpulan bakteri dan kuman yang menempel pada handuk dapat berpindah ke pakaian. Sebaiknya, pisahkan handuk dengan pakaian kotor. Perlu juga pisahkan handuk berwarna putih dan berwarna saat mencuci handuk agar mencegah warna handuk terkena luntur.

4. Tuang baking soda bila perlu saat mencuci handuk

Menggunakan baking soda untuk mencuci handuk dapat membuat handuk lebih bersih dan menghilangkan bau tidak sedap. Cara mencuci handuk dengan baking soda yaitu tuangkan setengah cangkir baking soda ke dalam air pada tahap awal pencucian, lalu cuci handuk kembali menggunakan detergen. 

5. Tidak membiarkan handuk terlalu lama di mesin pengering

Jika kamu menggunakan mesin cuci untuk mencuci handuk, segera keluarkan handuk dari mesin pengering setelah proses pengeringan selesai. Jangan membiarkan handuk terlalu lama di dalam mesin pengering karena dapat menimbulkan bau lembap pada handuk. Selain itu, handuk yang lembab dapat menjadi sarang bakteri dan kuman untuk berkembang biak.

6. Menjemur handuk di bawah sinar matahari setelah dicuci

Setelah mencuci handuk selesai dilakukan, kamu bisa menjemurnya langsung di bawah sinar matahari. Kibaskan handuk untuk melepaskan sisa-sisa air yang masih ada di antara seratnya, sekaligus membuat serat-serat kain tetap mengembang dan halus. Gantung atau jemur handuk di jemuran dan hindari menempelkan satu handuk dengan handuk atau pakaian lain agar handuk cepat kering. Menjemur handuk biasanya membutuhkan waktu lebih lama sampai dapat kering sepenuhnya. Pastikan handuk sudah benar-benar kering sebelum digunakan kembali atau melipatnya untuk dimasukkan ke lemari.

Itulah beberapa cara mencuci handuk biar bersih yang bisa kamu terapkan di rumah. Dengan rutin mencuci handuk akan membantumu terhindar dari risiko penyakit. Jangan lupa untuk menjemur handuk hingga kering setiap habis dipakai dan setelah dicuci agar pertumbuhan bakteri di dalam handuk akan berkurang. Perlu kamu ingat, kalau handuk adalah barang pribadi dan usahakan tidak berbagi barang pribadi ke orang lain, ya!

Disadur dari Yoursay,id dan Suara.com 

Handuk Mencuci Cara


Loading...