JADWAL Buka Puasa Ramadan 2023 Seluruh Indonesia

JADWAL Buka Puasa Ramadan 2023 Seluruh Indonesia
Ilustrasi (Grid.id : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 23 Maret 2023 14:47 WIB

Terasjabar.id - Berdasarkan keputusan Kementerian Agama (Kemenag), hari pertama puasa Ramadan 1444 H jatuh pada Kamis (23/3/2023). Setelah mengetahui kapan hari pertama puasa Ramadan, penting juga untuk tahu jadwal buka puasa. Sebab terkadang ada perbedaan waktu setiap harinya.

Jadwal buka puasa 2023

Buka puasa baik saat bulan Ramadan atau puasa sunnah dilakukan setelah mendengar adzan Maghrib. Oleh karena itu, wajar jika ada perbedaan waktu berbuka di setiap daerah di Indonesia.

Untungnya, saat ini Anda sudah bisa mengetahui jadwal buka puasa 2023 secara mudah melalui laman resmi Kementerian AGama Republik Indonesia (Kemenag RI).

Berikut adalah cara mengetahui jadwal buka puasa Ramadan 2023 setiap harinya bagi seluruh wilayah di Indonesia.

  1. Buka laman https://bimaislam.kemenag.go.id/ 
  2. Pilih menu Jadwal Shalat
  3. Masukkan data sesuai informasi yang dibutuhkan seperti provinsi, kabupaten/kota, bulan, dan tahun.
  4. Klik menu proses data di sebelah kiri bawah.

Setelah menunggu sejenak, Anda akan melihat jadwal sholat, lengkap dari Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, hingga Isya.

Bukan hanya itu saja, jadwal buka puasa dari Kemenag ini juga telah dilengkapi waktu Imsak sehingga memudahkan Anda mengatur waktu untuk sahur.

Anda juga bisa menyimpan data yang ditampilkan ke dalam bentuk excel dengan cara klik menu Export Excel di sisi kanan bawah.

Perlu diingat bahwa menyegerakan buka puasa merupakan sunnah Nabi Muhammad SAW. Dengan mengetahui jadwal buka puasa Ramadan 2023, Anda bisa lebih mudah mengikuti sunnah tersebut.

Ketetapan waktu 1 Ramadan yang jatuh pada hari Kamis, 23 Maret 2023 Masehi ini telah disampaikan langsung oleh Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Agama setelah melakukan Sidang Isbat.

Tidak hanya pihak Kemenag, Sidang Isbat juga dihadiri oleh pihak lain seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Informasi Geospasial, BMKG, Ahli Falak, Komisi VIII DPR, dan sejumlah ormas agama Islam.

Demikian informasi mengenai jadwal buka puasa 2023, semoga informasi ini membantu kelancaran berpuasa Anda. Pastikan Anda sudah memilih jadwal puasa sesuai dengan tempat tinggal Anda sebab setiap daerah di Indonesia memiliki waktu berbuka yang berbeda.



Disadur dari Suara.com 

Puasa Ramadan Jadwal Buka Puasa Kemenag RI


Loading...