Berikut Beberapa Tips Jitu Atasi Kurang Tidur saat Puasa

Berikut Beberapa Tips Jitu Atasi Kurang Tidur saat Puasa
Ilustrasi (Poskota : Google)
Editor: Epenz Life Style —Kamis, 23 Maret 2023 12:42 WIB

Terasjabar.id -- Saat memasuki bulan suci Ramadan, ada sedikit perubahan pada jadwal aktivitas. Salah satunya yaitu ketika pada jam tidur. Normalnya orang dewasa saat tidur membutuhkan waktu sekitar 8 jam. Namun saat puasa jam tidur tersebut menjadi berkurang karena harus bangun untuk menyantap makan sahur.

Hal ini menyebabkan beberapa orang menjadi kurang tidur sehingga bisa menyebabkan ngantuk saat beraktivitas. Sehingga ketika melakukan aktivitas bisa menjadi terganggu lantaran kurang berkonsentrasi karena disebabkan oleh mengantuk.

Namun kamu tak perlu khawatir, ada tips jitu buat kamu yang kurang tidur saat puasa, kamu bisa menerapkan tips di bawah ini agar kamu tidak kekurangan tidur saat puasa seperti yang dilansir dari laman alodokter.com. Berikut ini penjelasannya.

1. Perhatikan asupan makanan

Memperhatikan asupan yang dimakan perlu kamu lakukan. Hal ini karena bisa mempengaruhi kualitas tidur kamu lho. Oleh sebab itu sebisa mungkin untuk tidak mengonsumsi makanan seperti terlalu pedas, terlalu berminyak, tinggi kalori hingga makanan dengan kandungan manis yang tinggi saat berbuka.

Kategori makanan-makanan yang telah disebutkan tadi bisa memicu sistim pencernaan bekerja lebih ekstra dalam mengolahnya sehingga bisa berisiko membuat tidurmu sulit untuk nyenyak.

2. Tidur lebih awal

Pada saat puasa, kamu perlu bangun lebih pagi untuk sahur. Untuk menyiasati agar tidak kurang tidur, kamu harus tidur sejak awal. Tujuannya karena agar tidurmu tidak kekurangan waktu.

Sebagai contohnya apabila telah selesai menjalankan ibadah tarawih dan setelah aktivitas malammu rampung, segeralah untuk pergi tidur lebih awal agar tidak kurang tidur walaupun telah bangun sahur.

3. Kurangi mengonsumsi kafein

Kita ketahui jika mengonsumsi minuman yang mengandung kafein dapat membuat seseorang terjaga dan sulit untuk tidur. Hal ini bisa membuat jam tidurmu menjadi berantakan karena terjaga lebih lama. Selain itu dengan mengonsumsi kafein bisa menghambat produksi hormon yang mengatur untuk tidur.

4. Tidur siang

Jika kamu memiliki waktu luang disela-sela aktivitas, kamu bisa untuk mencoba tidur siang selama beberapa menit. Tujuannya untuk mengatasi kurang tidur pada malam harinya, sehingga ketika bangun kamu bisa bersemangat untuk beraktivitas kembali.

5. Olahraga

Olahraga bisa membuat tubuhmu menjadi sehat. Namun ketika puasa, perlu memperhatikan jenis olahraga apa yang akan kamu lakukan. Pasalnya jika melakukan olahraga terlalu berat bisa memicu rasa haus lebih cepat dan dehidrasi.

Beberapa diantara jenis olahraga yang bisa kamu coba yakni jogging, yoga, berjalan kaki santai, dan lain sebagainya. Olahraga ketika puasa bisa mengatasi stres dan memperbaiki kualitas tidurmu agar lebih baik.

Itu tadi beberapa tips ampuh yang bisa kamu coba untuk mengatasi kurang tidur saat puasa. Memiliki waktu tidur yang cukup bisa membuat tubuhmu menjadi bugar dan semangat menjalani ibadah puasa. Semoga bermanfaat.

Disadur dari Yoursay.id dan Suara.com 

Ramadhan Jam Tidur Tips


Loading...