Finlandia Jadi Negara Paling Bahagia di Dunia 6 Tahun Berturut-turut, Ini Rahasianya

Finlandia Jadi Negara Paling Bahagia di Dunia 6 Tahun Berturut-turut, Ini Rahasianya
Suara.com
Editor: Malda Hot News —Selasa, 21 Maret 2023 11:01 WIB

Terasjabar.id -- Finlandia Jadi Negara Paling Bahagia di Dunia 6 Tahun Berturut-turut, Ini Rahasianya 

Finlandia kembali mendapat gelar sebagai negara paling bahagia di dunia. Laporan dari World Happiness Report menempatkan Finlandia dalam posisi teratas selama enam tahun berturut-turut.
Finlandia bersama dengan beberapa negara Skandinavia lainnya seperti Swedia, Norwegia, dan Denmark berada di posisi teratas dalam daftar tersebut.

Bukan rahasia lagi, warga Finlandia memang dikenal akan kebahagiaannya. Mereka hidup dalam dan selalu terlihat berkecukupan.

Berbagai kebijakan yang dikeluarkan pemerintah dalam berbagai bidang juga dinilai baik. Mulai dalam hal ekonomi, kesehatan, hingga pendidikan disebut jadi salah satu alasan negara ini selalu bahagia.

Tapi, di luar berbagai kebijakan pemerintahnya yang mendukung, warga Finlandia juga punya cara sendiri untuk berbahagia. Berikut beberapa rahasia bahagia orang-orang Finlandia.

1. Nikmati sauna, buang keringat negatif
Di Finlandia, ada sekitar tiga juta sauna yang bisa dinikmati oleh warganya. Menukil laman Visit Finlandia, sauna-sauna ini merupakan warisan budaya Finlandia yang bahkan masuk dalam daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO.

Bagi orang Finlandia, sauna juga terkait dengan waktu yang dihabiskan di tepi danau. Dengan 188 ribu danau yang tersebar di seluruh negeri, ditambah 3 juta sauna, ada banyak ruang bagi semua orang untuk mengeluarkan hal-hal negatif melalui keringat dalam diri mereka.

2. Menikmati alam dengan bebas
Di Finlandia, Anda tak akan diteriaki maling jika memetik buah beri atau buah lainnya di pinggir jalan. Anda bebas melakukannya.

Bagi Finlandia, semua orang berhak dan bebas untuk menikmati alam termasuk hasilnya tanpa terkecuali. Namun, kebebasan ini juga dibarengi dengan tanggung jawab orang-orang Finlandia untuk menjaga alam.

3. Hidup dengan santai
Ilustrasi. Warga Finlandia kerap menikmati hidup dengan santai. (AFP/OLIVIER MORIN)
Orang-orang Finlandia lebih santai dan bebas dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Melansir Helsinki Times, orang Finlandia senang berdamai dengan diri mereka.

Budaya Finlandia juga sangat hangat dan berfokus pada kerja sama, bukan persaingan.

Dengan begini, orang-orang Finlandia selalu merasa aman tanpa perlu mengkhawatirkan dunia luar seperti halnya yang dilakukan banyak orang di negara lain.

4. Selalu merasa aman
Salah satu ukuran penting kebahagiaan dalam World Happiness Report adalah seberapa besar orang di suatu negara merasa aman. Finlandia tentu memiliki jawaban yang baik.

Alasannya, tingkat kejahatan yang rendah membuat keamanan warga Finlandia terjamin. Tak heran jika mereka kerap merasa aman, nyaman, tanpa khawatir dengan tindak-tindak kriminal yang menghantui.

5. Tidak iri dengki
Mengutip CNBC, orang Finlandia tidak membandingkan dirinya dengan orang lain atau tetangga mereka. Utamanya untuk hal-hal yang berkaitan dengan materi, kekayaan, atau bahkan penampilan.

Orang Finlandia menjalani hidup seperti yang pernah dikatakan oleh penyair asal negara itu "Kell' onni on, se onnen kätkeköön." Jika diterjemahkan, syair tersebut berarti "Jangan membandingkan atau menyombongkan kebahagiaan Anda".

Orang Finlandia benar-benar memaknai potongan syair tersebut. Akibatnya, mereka lebih fokus pada apa yang membuat mereka bahagia.

Mereka percaya bahwa langkah pertama menuju kebahagiaan sejati adalah menetapkan standar sendiri, alih-alih membandingkan diri dengan orang lain.

Baca artikel CNN Indonesia "5 Rahasia Bahagia Finlandia, Enam Kali Jadi Negara Paling Bahagia" selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230320190602-277-927495/5-rahasia-bahagia-finlandia-enam-kali-jadi-negara-paling-bahagia.

Finlandia Viral Helshinki World Happiness Psikologi Rahasia Negara Paling Bahagia Di Dunia 6 Tahun Berturut-turut Norway Denmark


Loading...