Ingin Mengganti Skincare, Berikut Beberapa Cara Sederhana Menetralkan Kulit

Ingin Mengganti Skincare, Berikut Beberapa Cara Sederhana Menetralkan Kulit
ILustrasi (Tribun Batam : Google)
Editor: Epenz Life Style —Senin, 20 Maret 2023 14:09 WIB

Terasjabar.id -- Saat ini ada berbagai macam brand produk skincare baik lokal maupun luar negeri. Tak jarang bagi beberapa orang menimbulkan rasa penasaran ingin mencoba berbagai produk yang ditawarkan untuk merasakan khasiat produk skincare tersebut.

Jika kamu termasuk orang yang suka coba-coba produk skincare atau berniat ingin mengganti skincare, maka pastikan jika kamu telah menetralkan wajah kamu.

Seperti yang dilansir dari hellosehat.com, mengubah rutinitas skincare secara mendadak dapat menyebabkan masalah pada kulit. Terutama untuk kamu pemilik kulit sensitif yang rentan mengalami berbagai masalah pada kulit.

Untuk itu pentingnya mengetahui cara yang tepat untuk menetralkan wajah guna mempersiapkan kulit untuk menggunakan produk skincare yang baru berdasarkan lansiran dari hellosehat.com serta sehatq.com.

1. Mengurangi penggunaan produk lama secara bertahap

Salah satu cara yang bisa kamu coba adalah dengan mengurangi intensitas penggunaan produk skincare yang lama. Jika kamu menggunakan skincare setiap hari, kamu bisa mencobanya dengan mengurangi intensitas penggunaan menjadi 2-3 hari sekali.

Dengan cara ini, bisa membantu menetralkan wajah kamu dan membuat wajah menjadi terbiasa dengan pola pemakaian skincare seperti ini selama beberapa minggu. Kemudian amati perubahannya apakah menimbulkan masalah tertentu pada kulit atau tidak.

2. Tetaplah rutin untuk mencuci muka

Hal yang paling mendasar dalam perawatan kulit adalah mencuci muka. Paparan debu, kotoran maupun bakteri, minyak dan lain sebagainya bisa terangkat dengan mencuci muka menggunakan sabun pembersih khusus wajah.

Disarankan untuk mencuci muka sebanyak 2 kali dalam sehari, karena jika terlalu banyak dapat menggangu minyak alami yang berfungsi untuk melindungi kulit. Serta direkomendasikan untuk menggunakan sabun wajah yang memiliki kandungan yang ringan.

3. Rutin menggunakan sunscreen

Meski dalam rangka menetralkan kulit wajah,  penting sekali untuk tetap menggunakan sunscreen. Hal ini untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang bisa menyebabkan kerusakan kulit.

Seperti yang disadur dari sehatq.com, The American Cancer Society merekomendasikan untuk menggunakan sunscreen dengan SPF 30 yang dapat kamu pakai ketika sebelum memulai beraktivitas baik di dalam ruangan atau di luar ruangan.

4. Menjaga kesehatan kulit dari dalam

Seperti yang kita ketahui jika menggunakan skincare merupakan perawatan dari luar. Perlunya diiringi dengan pola hidup sehat yang salah satunya dengan minum air putih.

Selain itu, juga dengan mengonsumsi makanan bergizi, buah dan sayur yang tidak hanya penting untuk kesehatan kulit tetapi juga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

5. Gunakan skincare baru secara bertahap

Ketika akan menggunakan produk skincare baru, gunakanlah secara bertahap agar kulit tidak kaget dan bisa beradaptasi.

Jika kamu ingin mengganti beberapa produk skincare baru, kamu bisa mencoba satu produk terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui efeknya sehingga bisa ditemukan pemicunya jika mengalami breakout.

Dalam menggunakan produk skincare yang baru, tak perlu terburu-buru karena ditakutkan bisa memunculkan reaksi yang tak diinginkan pada kulit.

Itu tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika ingin mengganti produk skincare yang lama ke yang baru. Semoga bermanfaat.




Disadur dari Yoursay,id dan SUara.com 

Skincare Kulit Wajah


Loading...