Berikut Beberapa Khasiat Konsumsi Petai Cina

Berikut Beberapa Khasiat Konsumsi Petai Cina
Ilustrasi (Riaumandiri.co : Google)
Editor: Epenz Hot News —Sabtu, 18 Maret 2023 15:40 WIB

Terasjabar.id -- Petai Cina atau biasa disebut lamtoro merupakan makanan yang biasa ditemukan di Indonesia. Tanaman ini biasanya terletak di daerah dataran rendah. Meskipun bernama petai, namun memiliki ukuran yang kecil-kecil serta memiliki aroma yang tidak terlalu khas seperti petai, tetapi  memiliki rasa yang nikmat sebagai pelengkap makanan.

Petai Cina telah sejak lama digunakan untuk pengobatan tradisional yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Petai Cina memiliki kandungan antioksidan dan antibakteri yang berguna untuk memperkuat imun tubuh. Selain itu, terdapat banyak nutrisi yang terkandung pada petai Cina.

Melansir dari laman alodokter.com serta halodoc.com inilah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika mengonsumsi petai Cina.

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Salah satu manfaat yang bisa kamu rasakan ketika mengonsumsi petai Cina adalah menjaga sistem kesehatan pencernaan. Penelitian menunjukkan jika petai Cina bisa melindungi tubuh dari paparan bakteri Escherichia coli yang bisa menyebabkan diare atau sakit perut. 

2. Mengobati kanker

Mengonsumsi daun petai Cina baik untuk disantap saat makan atau dibuat jus bisa menangkal radikal bebas serta menurunkan risiko terkena penyakit kanker.

Petai Cina mengandung tanin yang merupakan bahan kimia polifenol berasal dari tanaman ini mampu untuk menghilangkan sel kanker serta racun ada pada tubuh yang dibawa oleh radikal bebas.

3. Mencegah infeksi

Petai Cina merupakan jenis kacang yang memiliki antioksidan serta antibakteri yang mampu memperkuat sistem kekebalan pada tubuh. Oleh sebab itu dengan mengonsumsi petai Cina bisa terhindar dari berbagai penyakit infeksi sehingga tubuh bisa menjadi sehat.

4. Menjaga kesehatan mata

Selain wortel, makanan yang bisa kamu coba ketika kamu mengalami gangguan pada mata ialah petai Cina. Petai Cina bisa menjadi salah satu alternatif makanan yang bisa menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang terdapat pada petai Cina juga bagus untuk indera penglihatan kamu.

Itu tadi beberapa manfaat kesehatan apabila mengonsumsi petai Cina yang tak banyak diketahui orang. Meski begitu, agar tubuh tetap sehat maksimal, juga diimbangi dengan konsumsi makanan yang bergizi lainnya serta berolahraga secara rutin.

Disadur dari Suara.com 

Petai Cina Manfaat Kesehatan


Loading...