Berikut Beberapa Cara Mudah Atasi Overthinking

Berikut Beberapa Cara Mudah Atasi Overthinking
Ilustrasi (Media indonesia : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Sabtu, 18 Maret 2023 15:22 WIB

Terasjabar.id -- Overthinking atau pikiran berlebih kerap dialami oleh banyak orang. Jika pikiran ini dibiarkan berlarut-larut, hal ini akan menggangu kesehatan mental seseorang. Dampak yang paling buruk adalah dapat membuat seseorang menjadi stres.

1. Selesaikan dahulu urusan yang paling mudah

Agar lebih efisien, cobalah untuk menyelesaikan urusan atau masalah yang paling mudah dulu, baru setelah itu menyelesaikan urusuan yang agak rumit.

Dengan mengurutkan suatu urusan dari yang termudah ke yang sulit, akan memberikan sensasi kesuksesan dan rasa lega. Dengan begitu, akan memberikan rasa semangat untuk melanjutkan pekerjaan atau urusan selanjutnya.

2. Ambil tindakan

Overthinking biasanya kerap terjadi karena seseorang hanya terlalu banyak berpikir dan menghayal tanpa melakukan sebuah tindakan nyata.

Mulai sekarang cobalah untuk membalik keadaan tersebut. Mulailah untuk melakukan tindakan dan jangan terlalu banyak berpikir soal hasil.

3. Jangan fokus dengan masalah yang dihadapi

Jika kamu terlalu fokus memikirkan urusan atau masalah yang sedang kamu hadapi, cobalah untuk mengalihkannya dengan melakukan hal yang lebih bermanfaat.

Kamu bisa menyalurkan hobimu atau berolahraga. Dengan melakukan hal ini, akan memunculkan rasa bahagia dan kamu juga tidak akan terlalu overthinking lagi karena energimu sudah dihabiskan untuk berolahraga.

4. Mintalah bantuan kepada orang lain

Karena manusia adalah makhluk sosial, maka wajar saja jika kamu memiliki sebuah masalah lalu meminta bantuan orang lain.

Kamu bisa meminta bantuan kepada keluarga, saudara, teman, atau siapapun yang bisa dipercaya. Sekalipun mereka tidak bisa membantu, hanya sekedar bercerita kepada orang lain saja akan membuat beban pikiranmu jadi berkurang.

5. Meditasi

Menurut ilmu psikologi, mediatasi adalah cara yang paling ampuh untuk mengatasi overthinking. Jika kamu tidak memiliki pembimbing, cobalah belajar dahulu tentang apa itu meditasi dan bagaimana cara melakukan meditasi yang benar agar hasil yang didapatkan juga bisa optimal.

6. Pasrah diri dan berani melawan rasa takut

Mulai sekarang jadilah pribadi yang mau pasrah dengan keadaan. Seperti apa yang diajarkan oleh ilmu agama, pasrah diri memang akan berdampak luar biasa pada psikologi seseorang.

Selain itu, jangan takut untuk menghadapi masalah. Percayalah, setiap orang memiliki masalah. Jika kamu mau berusaha untuk melawan rasa takut, kamu pasti akan terbebas dari belenggu overthinking yang melelahkan.

Nah, itulah 6 cara mudah mengatasi overthinking, semoga bermanfaat.

Disadur dari Yoursay.com 

Overthinking Kesehatan Mental Stres


Loading...