Inilah 5 Buah yang Bisa Cegah Dehidrasi saat Puasa!

Inilah 5 Buah yang Bisa Cegah Dehidrasi saat Puasa!
Ilustrasi (Dream.co.id : Google)
Editor: Epenz Hot News —Sabtu, 18 Maret 2023 14:36 WIB

Terasjabar.id -- Ketika berpuasa merupakan momen dimana harus menahan hawa nafsu. Termasuk untuk tidak makan serta minum dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Kondisi ini biasanya bisa menyebabkan dehidrasi karena tubuh kekurangan cairan.

Lantas, untuk mengembalikan cairan tubuh yang telah hilang, sebagai alternatif kamu bisa mengonsumsi beberapa buah di bawah ini karena kaya akan kandungan airnya yang melimpah. Berdasarkan lansiran dari hellosehat.com serta halodoc.com berikut jenis buah yang bisa mencegah dehidrasi ketika berpuasa. 

1. Semangka

Buah semangka merupakan salah satu buah yang cocok untuk dikonsumsi ketika sahur. Kandungan air yang terdapat pada buah ini sebanyak 92 persen. Maka tak heran jika buah ini banyak dikonsumsi untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.

Jika kamu mengonsumsi semangka yang berwarna merah, maka akan mendapatkan asupan likopen yang berfungsi sebagai antioksidan penangkal radikal bebas.

2. Blewah

Buah yang satu ini kerap ditemui ketika saat ramadan. Biasanya dijadikan minuman segar ketika berbuka puasa. Ternyata memang buah ini cocok sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang saat puasa, lho.

Tak hanya sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang, buah blewah memiliki kandungan vitamin A yang berperan baik untuk kesehatan mata. Karena kaya akan vitamin A, buah blewah juga buah yang bermanfaat sebagai anti peradangan yang cocok untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Kelapa Muda

Sudah bukan rahasia lagi jika kelapa muda memiliki banyak manfaat termasuk sebagai buah yang berperan mengganti cairan tubuh yang hilang. Oleh sebab itu, buah ini cocok sekali dikonsumsi sebagai minuman segar ketika berbuka puasa.

Air kelapa memiliki kandungan mineral seperti zat besi, magnesium serta kalsium. Diantara mineral tersebut bersifat elektrolit yang bermanfaat untuk mengganti cairan pada tubuh ketika berpuasa.

4. Melon

Buah yang memiliki kekerabatan dengan blewah ini bisa menjadi buah untuk mengatasi dehidrasi karena sebagian besar zat gizi pada melon merupakan air.

Selain itu buah melon memiliki zat gula alami yang sangat cocok untuk menangkal rasa lemas ketika seharian berpuasa. Untuk bisa merasakan manfaatnya dengan maksimal, kamu bisa memilih melon yang berwarna jingga karena kandungan airnya yang banyak sekitar 90 persen.

5. Jeruk

Terkenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi, membuat buah jeruk juga menjadi buah dapat menunjang sistem kekebalan pada tubuh. Buah jeruk juga menjadi salah satu buah yang mengatasi dehidrasi karena kandungan airnya yang juga tinggi.

Selain itu, apabila dikonsumsi membuat tubuh tidak akan mudah terserang penyakit. Sehingga bisa membuat ibadah puasa kamu menjadi lebih berenergi.

Itu tadi beberapa buah yang bisa mencegah dehidrasi selama berpuasa karena kandungan airnya yang melimpah. Semoga bermanfaat.

Disadur dari Suara.com 

Puasa Dehidrasi Buah


Loading...