Berikut Beberapa Tips agar Mulut Tetap Segar Selama Berpuasa

Berikut Beberapa Tips agar Mulut Tetap Segar Selama Berpuasa
Ilustrasi (Tribun Jakarta : Google)
Editor: Epenz Life Style —Sabtu, 18 Maret 2023 14:20 WIB

Terasjabar.id -- Salah satu masalah yang kerap dialami ketika berpuasa ialah permasalahan mengenai bau mulut. Bagaimana tidak, ketika tidak makan dan minum, maka produksi air liur pun berkurang sehingga mulut menjadi terasa tidak segar dan kering. 

Berdasarkan pada pemaparan Johns Hopkins Medicine, beberapa hal yang bisa menyebabkan mulut tidak segar sehingga memicu bau mulut pada seseorang seperti mengonsumsi bawang-bawangan, tidak membersihkan lidah, merokok dan lain sebagainya. Supaya saat berpuasa kondisi mulut tetap segar, yuk ikuti tips di bawah ini seperti yang telah dilansir dari laman hellosehat.com.

1. Bersihkan lidah

Rutin membersihkan lidah bisa berdampak cukup besar pada kesehatan mulut. Pasalnya, sebagian bakteri yang menyebabkan masalah pada mulut, ialah berasal dari lidah. Untuk itu kamu perlu rajin menyikat lidah kamu secara rutin. 

Biasanya alat pembersih lidah ini terletak di bagian belakang sikat gigi dengan memiliki tekstur kasar. Sikatlah secara perlahan lidah kamu agar menjadi bersih. Sehingga mulut terasa nyaman ketika berpuasa.

2. Perbanyak minum air putih

Perbanyak konsumsi air putih ketika saat berbuka dan sahur menjadi salah satu tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesegaran mulut. Dibandingkan dengan minuman manis, kamu perlu untuk memprioritaskan air putih terlebih dahulu.

Minuman manis bisa berdampak pada kesehatan mulut yang bisa menyebabkan mulut bau serta gigi berlubang. Oleh sebab itu kamu perlu untuk memperhatikan segala asupan baik yang kamu minum atau yang kamu makan.

3. Rutin gosok gigi

Sebenarnya tak hanya selama bulan ramadhan kamu perlu untuk menggosok gigi namun pada hari-hari biasa juga wajib untuk dibersihkan. Apabila kamu lupa untuk membersihkan gigi menjelang tidur, maka sisa makanan akan tertinggal di mulut yang bisa memicu masalah pada gigi serta mulut bisa menjadi tidak segar. 

Selain sebelum tidur, kamu perlu untuk menggosok gigi setelah melakukan santap sahur. Untuk memaksimalkannya kamu bisa menggunakan produk pasta gigi yang berbahan herbal.

4. Berhenti merokok

Kebiasaan merokok bisa menjadi salah satu penyebab mulut tidak terasa segar. Tak hanya mengganggu pada masalah mulut, merokok juga bisa mengganggu kesehatan tubuh yang berdampak pada munculnya kanker.

5. Gunakan benang gigi


Penggunaan benang gigi memang belum terlalu umum dilakukan. Namun apabila digunakan, bisa berdampak menghilangkan sisa makanan yang tertinggal di mulut. Sehingga kebersihan gigi dan mulut akan tetap terjaga selama puasa.

Itu tadi beberapa tips untuk menjaga agar mulut terasa segar ketika berpuasa. Dengan demikian jangan sampai malas membersihkan gigi, ya!

Disadur dari Suara.com dan Yoursay,id

Bau Mulut Puasa Membersihkan


Loading...