Ini Alasan Kenapa Tiupan 'Hah' Terasa Panas dan Tiupan 'Huh' Terasa Dingin

Ini Alasan Kenapa Tiupan 'Hah' Terasa Panas dan Tiupan 'Huh' Terasa Dingin
IDN WoW
Editor: Malda Hot News —Sabtu, 18 Maret 2023 13:24 WIB

Terasjabar.id - Pertanyaan kenapa meniup “Hah” mengeluarkan udara hangat sedangkan meniup “Huh” bisa mengeluarkan udara dingin menjadi viral di media sosial.

Banyak yang penasaran kenapa hal itu bisa terjadi. Warganet dibuat penasaran bagaimana bisa mulut kita mengeluarkan udara dengan suhu yang berbeda.

Padahal perbedaannya hanya dari cara meniupnya. Ternyata ada lho penjelasan ilmiah dari itu semua. Penasaran? Yuk kita bahas bersama.

Kenapa ‘Hah’ Hangat dan ‘Huh’ Dingin

Ketika meniup udara dari mulut dengan cara “Hah” ke tangan, kita akan merasakan suhu hangat pada kulit tangan. Tapi ketika kita meniup dengan cara “Huh” terasa sebaliknya yaitu suhu dingin.

Ternyata itu semua dipengaruhi kecepatan udara yang bergerak dari mulut ke tangan. Besar kecilnya bukaan mulut dan temperatur udara di sekitar kita juga mempengaruhi perbedaan suhu ini.

Kamu pasti pernah kan ngalamin keliatan cakep pas ngaca eh giliran difoto jelek? Nah ada alasan logis di balik fenomena ini. Simak di sini slur!


Meniup ‘Hah’ Bikin Udara Bergerak Lambat

kenapa hah hangat huh dingin

Ketika meniup “Hah”, mulut kita biasanya lebih terbuka lebar. Hal itu membuat udara yang keluar dari mulut bergerak lambat.

Kenapa terasa hangat? Karena udara dari dalam tubuh atau paru-paru kita memang biasanya lebih hangat dari udara lingkungan di luar tubuh.

Udara paru-paru kita adalah 37 derajat celcius. Ketika meniup udara dengan cara “hah” udara hangat dari dalam paru-paru keluar dengan lancar.

Hal itu karena bukaan mulut lebar, menyebabkan udara keluar lamban dan tanpa hambatan.

Meniup ‘Huh’ Bikin Udara Bergerak Lebih Cepat

kenapa hah hangat huh dingin

Sebaliknya, ketika meniup dengan “huh” seperti bersiul, mulut kita akan menyempit. Ketika itu terjadi, udara dari mulut membutuhkan usaha yang lebih keras untuk bisa keluar.

Banyaknya udara yang dipaksa melewati bukaan mulut yang sempit, membuat udara bergerak jauh lebih cepat. 

Kecepatan tinggi itu membuat udara yang keluar dari mulut ikut menyeret udara di sekitar mulut atau udara di luar tubuh. Akhirnya udara menjadi terasa dingin.

Bayangkan tanda panah merah-keunguan pada gambar di atas adalah udara yang kelaur dari mulut. Sedangkan tanda panah biru adalah udara yang berada di sekitar mulut.

Jadi sebenarnya, sebagian besar udara yang kamu rasakan di tangan saat meniup ‘huh’ adalah udara di sekitar kamu, yang terseret oleh udara dari mulut.

Bukti meniup ‘huh’ bisa menyeret udara di lingkungan adalah dengan mencobanya ketika berada di dalam sauna. Meniup ‘huh’ akan terasa hangat atau panas, karena udara di sekitar kamu memang panas

Kenapa ‘Hah’ Hangat dan ‘Huh’ Dingin Juga Ditentukan Jarak

Panas atau dinginnya udara yang terasa saat meniup ‘huh’ dan ‘hah’ juga dipengaruhi jarak. Meniup udara dengan cara ‘hah’ tidak akan terasa begitu hangat ketika jarak tangan dijauhkan dari mulut. 

Hal itu karena udara sudah bergabung dengan udara di sekitarnya sebelum mengenai tangan.

Sebaliknya ketika meniup ‘huh’ dengan jarak tangan yang sangat dekat atau rapat ke mulut, akan mengeluarkan udara hangat, karena sedikit udara sekitar yang terseret.

Nah, itu dia alasan kenapa napas kamu terasa hangat saat meniup ‘hah’ dan dingin saat meniup ‘huh’. Udah paham kaan?

(Sumber: GGWP) 

Nafas Tiupan Nafas Viral Media Sosial Tipan Hah Panas dan huh Dingin


Loading...