Ternyata Kata ''Cuak'' Memiliki Arti di KBBI ! Apa Artinya ?

Ternyata Kata ''Cuak'' Memiliki Arti di KBBI ! Apa Artinya ?
Kata chuaks menjadi bahasa gaul yang sering kita temui di media sosial seperti Instagram, Twitter dan Facebook. (Klikaktual.com)
Editor: Malda Teras Viral —Kamis, 16 Maret 2023 10:38 WIB

Terasjabar.id -- Ternyata Kata ''Cuak'' Memiliki Arti di KBBI ! Apa Artinya ? 

Jagat maya tengah diwarnai dengan bahasa gaul yang sering menjadi perbincangan. Sebagai pengguna media sosial, Anda tentu sudah tidak asing dengan istilah 'chuaks' yang biasa diucapkan. Lantas, apa sih sebenarnya arti 'chuaks'?
Istilah 'chuaks' menjadi viral sejak digunakan oleh para pengguna TikTok. Rupanya 'chuaks' awalnya dipopulerkan oleh stand up komedian, Tretan Muslim dan Coki Pardede.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), cuak sendiri memiliki beberapa makna.

Kata cuak bisa diartikan sebagai binatang yang digunakan untuk memikat binatang lain. Selain itu, cuak juga bisa berarti takut atau gentar. Dari kedua pengertian ini, cuak bisa memiliki arti yang sangat berbeda tergantung konteks kalimatnya.

Namun, bukan kata cuak ini lah yang populer di kalangan pengguna TikTok. Istilah 'chuaks' dalam bahasa gaul yang kini tengah viral sebenarnya tidak memiliki arti yang resmi. Banyak yang memahami istilah ini sebagai pengganti kata sumpah serapah, seperti bodoh, tolol, atau bego.

Ada juga yang mengartikan 'chuaks' sebagai kata tidak bermakna yang hanya digunakan dalam selipan candaan. Sehingga penggunaan istilah 'chuaks' sendiri bisa memiliki makna yang berbeda-beda, tergantung dari konteks kalimatnya.

Contoh penggunaan istilah 'chuaks' di media sosial di antaranya.

- Gaya elit ekonomi sulit, chuaks.

- Pagi-pagi bersama Tsubasa, bentar lagi puasa, chuaks.

- Udah nyaman malah ditinggal, chuaks.

- Diam enggak kelihatan, bergerak nagih uang parkir, chuaks.

- Kamu makin semu aja buat aku, cuma bisa dilihat tapi enggak bisa dimiliki, chuaks.

- Kita mah beda enggak bisa disama-samain, chuaks.

- Mau ngucapin BF day, tapi kan bukan pacarku, chuaks.


Baca artikel CNN Indonesia "Ada Lagi yang Viral di Medsos, Apa Sih Arti Chuaks?" selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230309160427-269-923014/ada-lagi-yang-viral-di-medsos-apa-sih-arti-chuaks.

Chuaks Viral Kata Cuak Arti Coki Muslim KBBI


Loading...