Berikut Beberapa Manfaat Ikan Tenggiri bagi Kesehatan

Berikut Beberapa Manfaat Ikan Tenggiri bagi Kesehatan
Ilustrasi (Grid.id : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Rabu, 15 Maret 2023 15:30 WIB

Terasjabar.id -- Setelah sebelumnya pisang goreng dinobatkan sebagai dessert terbaik di dunia versi Taste Atlas, kini pempek juga dinobatkan sebagai salah satu olahan seafood terbaik.

Dilansir dari laman Taste Atlas, pempek yang merupakan makanan khas Palembang ini menduduki peringkat ke-4 dalam kategori olahan seafood terbaik versi Taste Atlas

Pempek merupakan olahan makanan yang menggunakan bahan dasar ikan giling kemudian dicampur dengan tepung. Ada beberapa jenis ikan yang sering digunakan, salah satunya ikan tenggiri. Selain memiliki cita rasa yang lezat, ikan tenggiri diketahui memiliki beragam manfaat bagi kesehatan


Dilansir dari HelloSehat, ini 4 manfaat ikan tenggiri bagi kesehatan. 

1. Mencegah Kanker

Dalam ikan tenggiri terdapat zat antioksidan dan asam lemak omega 3 yang cukup tinggi. Kandungan tersebut ternyata manfaat yang baik untuk melawan berbagai macam penyebab tumbuhnya sel kanker. Seperti diketahui bahwa zat antioksidan mampu melawan efek radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan asam lemak omega 3 yang ada pada ikan tenggiri bermanfaat untuk mencegah timbulnya risiko penyakit jantung.

Selain itu, dalam ikan tenggiri juga terdapat kandungan selenium yang berperan besar dalam menjaga kesehatan jantung. Agar jantung tetap sehat dan terhindar dari risiko penyakit jantung, maka disarankan untuk mengonsumsi ikan yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 termasuk tenggiri setidaknya dua kali dalam seminggu. 

3. Mencegah Anemia

Manfaat selanjutnya yang dimiliki ikan tenggiri adalah dapat membantu mencegah anemia. Hal ini dikarenakan dalam ikan tenggiri mengandung zat besi, vitamin B12, dan folat yang berperan dalam mencegah anemia.

Kamu bisa mengonsumsi ikan tenggiri sebanyak dua kali dalam seminggu karena kandungannya dan nutrisi dari ikan ini lebih mudah terserap oleh tubuh.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Manfaat terakhir yang dimiliki oleh ikan tenggiri adalah dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Adanya kandungan zat antioksidan dalam ikan tenggiri mampu membantu melawan efek radikal bebas dan memperkuat daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan antioksidan memiliki peranan penting dalam meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

Nah, itulah empat manfaat ikan tenggiri bagi kesehatan tubuh. Selain lezat dan bisa diolah menjadi berbagai macam menu makanan termasuk pempek, ikan tenggiri mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh hingga mencegah risiko terjadinya kanker. 

Disadur dari Yoursay.id

Ikan Tenggiri Kesehatan Manfaat


Loading...