Berikut Beberapa Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh

Berikut Beberapa Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh
Ilustrasi (Kompas Health : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Rabu, 15 Maret 2023 14:27 WIB

Terasjabar.id -- Selain bawang putih, semua orang pasti mengetahui jenis bumbu dapur yang bernama bawang merah dan kerap dipakai dalam beragam jenis masakan. Aroma bawang merah yang harum dan mempunyai cita rasa yang khas ini tentunya akan semakin menambah kenikmatan makanan. 

Akan tetapi di luar sana mungkin hanya sebagian orang yang mengetahui kalau bawang merah ini mempunyai banyak khasiat terutama bagi kesehatan tubuh. Bahkan masyarakat pun sebenarnya sudah sejak dahulu menggunakan bawang merah untuk pengobatan alami seperti misalnya mengobati demam anak. 

Dalam sebuah studi oleh Phytotherapy Research membuktikan bahwa bawang merah merupakan salah satu sumber antioksidan. Melansir dari Klikdokter, berikut ini adalah sejumlah manfaat bawang merah untuk kesehatan tubuh yang sayang untuk dilewatkan. 

1. Mengurangi Efek Antialergi

Sebuah penelitian pada tahun 2018 yang dikeluarkan oleh Pubmed menunjukkan bahwa bawang merah memiliki efek antialergi. 

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa suplementasi oral bawang merah yang bersamaan dengan obat cetirizine dapat memberi efek penyembuhan lebih bagus. 

Bahkan menurut University of Maryland Medical Center, adanya zat kuersetin dalam bawang merah ini bisa mengurangi reaksi alergi dengan menghentikan tubuh memproduksi histamin.

2. Lawan Radikal Bebas

Selain memberikan efek antialergi bawang merah juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini berkat kandungan polifenol dalam bawang merah yang berfungsi sebagai antioksidan guna melindungi tubuh dalam radikal bebas. 

3. Baik Untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Khasiat bawang merah dalam menangkal radikal bebas ini otomatis dapat meningkatkan dan menjaga daya tahan atau kekebalan tubuh. 

Akan tetapi, alangkah lebih baik apabila mengonsumsi bawang merah bersama dengan makanan yang bergizi lainnya untuk menghindari tubuh dari berbagai penyakit. 

4. Baik Untuk Sistem Pencernaan

Bawang merah juga bisa  memperbaiki sistem pencernaan tubuh manusia karena mengandung serat di dalamnya. 

Dengan begitu, buang air besar pun bisa berlangsung teratur. Selain itu, bumbu dapur ini juga mengandung jenis serat larut khusus yakni oligofruktosa, yang bermanfaat dalam mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

5. Mengurangi Risiko Kanker

Adanya kandungan zat kuersetin dalam bawang merah merupakan agen antikanker yang baik. Adapun senyawa ini mampu menghambat sel kanker pada payudara, usus besar, prostat, endometrium, dan paru-paru.

Bahkan komponen zat tersebut dapat menghentikan kanker dengan beberapa mekanisme, seperti menginduksi apoptosis (kematian sel kanker), menjaga siklus sel, dan hal lainnya.

Demikianlah beberapa manfaat bawang merah untuk kesehatan tubuh manusia. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. 

Disadur dari Suara.com dan Yoursay.id 

Kesehatan Tubuh Bawang Merah Manfaat


Loading...