Berikut Resep Es Pisang Ijo

Berikut  Resep Es Pisang Ijo
Ilustrasi (Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Kuliner —Rabu, 15 Maret 2023 13:37 WIB

Terasjabar.id - Es Pisang Ijo merupakan makanan yang identik dengan Kota Makassar. Selain rasanya yang enak, keberadaan pisang sebagai bahan utama juga bagus untuk kesehatan. Berikut ini resep es pisang ijo yang bisa dicoba di rumah.

Bila membahas tentang asal usul es pisang ijo, hingga kini belum ada penelusuran khusus yang menguak tentang sajian ini.


Banyak orang meyakini bahwa es pisang ijo sebenarnya berasal dari Jawa, yang dipopulerkan para perantau di Sulawesi Selatan.

Keyakinan itu didasari atas nama "Ijo". Ijo dalam bahasa Jawa berarti warna hijau.

Dalam sajiannya, pisang yang dikukus dilapisi kulit yang terbuat dari tepung beras, tepung terigu, garam, santan dan gula pasir. Kulitnya berwarna hijau.

Namun, di Kota Makassar ada juga cerita lain tentang es pisang ijo. Ijo dalam nama ini bukanlah sebuah warna namun merupakan nama seseorang.

Tak diketahui versi mana yang merupakan fakta asal usul Es Pisang Ijo.

Namun yang pasti, Es Pisang Ijo sangat disukai, tanpa peduli asal usulnya.

Cita rasa yang dihadirkan dari pisang, bubur sumsum dan kuah santannya sangat menggugah selera.

Es Pisang Ijo kini mudah ditemui di seluruh wilayah Indonesia. Pedagang Es Pisang Ijo akan semakin ramai ketika bulan Ramadan.

Resep Es Pisang Ijo

Jika ingin mencoba, sejatinya membuat Es Pisang Ijo tidak sulit. Bahan-bahan yang dibutuhkan mudah didapat di pasar tradisional maupun swalayan.

Berikut ini bahan yang dibutuhkan untuk membuat Es Pisang Ijo, seperti dikutip dari Sehatq.

Bahan ini menyesuaikan porsi dengan 10 buah pisang:

Bahan Pisang Ijo

-600 ml air
-10 buah pisang
-150 gram tepung beras
-150 gram tepung terigu
-60 ml santan
-60 gram gula pasir
-Pasta pandan secukupnya
-1/2 sendok teh garam

Bahan Bubur Sumsum

-100 gram tepung beras
-750 ml air
-65 ml santan
-2 lembar daun pandang
-1/2 sendok teh garam

Bahan Kuah Santan

-65 ml santan
-2 sendok makan tepung maizena
-2 lembar daun pandan 1/2 sendok teh garam
-500 ml air
-sirup cocopandan secukupnya
-susu kental manis secukupnya

Langkah Membuat Es Pisang Ijo

1.Pembuatan Es Pisang Ijo diawali dengan mengukus pisang selama 15 menit. Setelah matang, angkat pisang dan dinginkan. Setelah sudah dingin, buang kulit pisangnya.

2.Kemudian, campurkan tepung beras, tepung terigu, garam santan, air dan gula pasir dalam satu wadah. Aduk seluruh adonan tersebut dan tambahkan pasta pandan secukupnya.

3.Untuk mendapatkan kulit pisang ijo yang halus, saring adonan tersebut. Masak adonan yang telah disaring menggunakan api kecil. Adus terus adonan tersebut hingga adonan kulit terbentuk.

4.Setelah adonan jadi, siapkan plastik yang sudah diolesi sedikit minyak sayur. Minyak dibutuhkan agar adonan tidak lengket. Lalu, bungkus pisang yang telah dingin dengan adonan kulit yang sudah matang.

5.Kukus pisang ijo dengan api sedang selama 20 menit. Setelah matang, angkat pisang ijo dengan hati-hati dan dinginkan. Setelah pisang ijo jadi, buatlah bubur sumsum dengan bahan yang telah disiapkan.

6.Seluruh bahan dimasukkan dalam panci dan masak dengan api kecil. Aduk seluruh bahan hingga mengental. Jika sudah matang, dinginkan bubur tersebut dan lanjut membuat kuah santan.

7.Masukkan seluruh bahan untuk membuat kuah santan ke dalam panci. Masak menggunakan api sedang sampai mendidih. Setelah kuah dingin, siapkan mangkok untuk mulai mencampur kuah dengan pisang ijo dan bubur sumsum.

8.Bila satu porsi ingin 2 pisang ijo, resep ini bisa digunakan untuk 5 porsi. Sementara jika satu mangkok satu pisang, berarti resep pisang ijo ini bisa untuk 10 porsi.

Demikian pembahasan mengenai resep Es Pisang Ijo. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah opsi ketika ingin memasak di rumah.



Disadur dari Suara.com 

Es Pisang Ijo Resep Cara Membuat


Loading...