Jangan Makan Ini Jika Ingin Minum Kopi ! Berikut Alasannya

Jangan Makan Ini Jika Ingin Minum Kopi ! Berikut Alasannya
Astronauts.id
Editor: Malda Teras Health —Selasa, 14 Maret 2023 09:59 WIB

Terasjabar.id - Kopi memang bisa memberikan manfaat untuk tubuh. Namun, ada beberapa makanan yang harus dihindari sebelum minum kopi agar tak mengalami efek samping.
Minum kopi di pagi hari sudah menjadi ritual kebanyakan orang di dunia. Minum kopi dirasa bisa memberikan energi untuk mengawali rentetan kegiatan dalam sehari penuh.

Namun perlu diperhatikan bahwa minum kopi juga ada aturannya. Terlihat pada makanan sebelum dan sesudahnya, karena kafein pada kopi bisa mempengaruhi kondisi tubuh jika dicampur nutrisi lain.

Mengingat kafein merupakan stimulan yang bisa berefek banyak pada tubuh. Dikutip dari Healthy Eating (27/11/18) berikut 4 makanan yang tidak boleh dikonsumsi sebelum ngopi:

1. Susu dan Keju

Sebelum minum kopi disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kalsium. Misalnya seperti susu, keju, yogurt dan produk susu lainnya.

Kafein dalam kopi bisa memengaruhi penyerapan kalsium. Tak hanya itu, kafein juga dapat membuat tubuh mengeluarkan kalsium lebih banyak lewat urine.

Efek ini relatif kecil bagi kebanyakan orang. Untuk memastikan agar tubuh memiliki kadar kalsium yang cukup disarankan untuk tidak minum kopi lebih dari 3 cangkir dalam sehari.


2. Daging

Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan yang mengandung zinc sebelum minum kopi. Makanan yang mengandung zinc misalnya daging merah dan aneka seafood seperti kerang, kepiting dan lobster.

Bukan tanpa alasan, ini dikarenakan kopi mengandung tanat yang membentuk ikatan dengan beberapa mineral dan makanan. Ikatan ini sangat sulit dipecah oleh tubuh.

Jika setelah makan daging lalu minum kopi, bisa membuat tubuh mengeluarkan zinc yang seharusnya diserap oleh tubuh. Kondisi ini menyebabkan tubuh kekurangan zinc.

3. Kacang-kacangan


Makanan yang mengandung zat besi juga tidak disarankan untuk dikonsumsi sebelum minum kopi. Zat besi banyak ditemukan pada kacang-kacangan. Hal ini juga berkaitan dengan kandungan tanat.
Tanat pada kopi juga bisa memengaruhi penyerapan zat besi yang seharusnya diserap oleh tubuh. Jika kamu mengonsumsi kacang-kacangan sebelum ngopi tubuh bisa kekurangan zat besi.

4. Jamur
Kafein yang terkandung pada kopi bisa memberikan efek negatif pada kadar vitamin D. Karenanya disarankan untuk tidak mengonsumsi jamur dan ikan salmon sebelum minum kopi.


Hal ini bahkan telah dibuktikan lewat sebuah penelitian yang diterbitkan pada Journal of Bone Metabolism pada tahun 2017.

Dalam peneliti tersebut, para peneliti menemukan bahwa peserta penelitian yang minum lebih banyak kopi cenderung memiliki kadar vitamin D yang lebih rendah.

Baca artikel detikfood, "Hindari Konsumsi 4 Makanan Ini Sebelum Ngopi agar Tidak Kekurangan Nutrisi" selengkapnya https://food.detik.com/info-sehat/d-6616824/hindari-konsumsi-4-makanan-ini-sebelum-ngopi-agar-tidak-kekurangan-nutrisi.




Kopi Viral Energi Efek samping Minum Kopi Manfaat Kafein Aturan Viral


Loading...