Berikut Beberapa Tips Merawat Tanaman dengan Baik pada Musim Hujan

Berikut Beberapa Tips Merawat Tanaman dengan Baik pada Musim Hujan
Ilustrasi (Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 13 Maret 2023 14:48 WIB

Terasjabar.id -- Untuk kamu yang hobi merawat tanaman, mungkin musim hujan dapat menjadi tantangan tersendiri bagi dirimu. Memang hujan dapat memberikan air yang cukup banyak kepada tanaman yang sedang kamu rawat, namun ada beberapa jenis tanaman yang tidak memerlukan air yang banyak.

Jika tanaman tersebut terkena air hujan dengan jumlah yang banyak, maka tanaman tersebut dapat rusak. Air hujan sendiri mengandung asam yang bisa menyebabkan kerusakan pada daun.

Berikut ini adalah beberapa tips merawat tanaman dengan baik saat musim hujan tiba.

1. Memperhatikan lubang air pada pot

Saat musim hujan tiba tanaman yang kamu rawat akan mendapatkan jumlah air yang lebih banyak daripada biasanya. Oleh karena itu kamu perlu memerhatikan lubang drainase pada pot tersebut.

Pot yang memiliki banyak lubang drainase dapat membuat air mengalir dengan cepat. Jika lubang drainase pada potmu sedikit dan tersumbat, maka hal itu akan membuat air mengendap di dalam pot dan dapat menyebabkan kerusakan pada akar.

2. Merawat tanah dengan teliti

Tanah merupakan salah satu komponen penting yang harus kamu perhatikan jika kamu ingin merawat tanaman. Kamu harus dapat meratakan tekstur tanahmu dan membersihkan rumput liar yang ada di tanah.

Selain itu kamu juga tidak boleh membuat tanah di dalam potmu menjadi terlalu padat. Tanah yang terlalu padat dapat menyebabkan air menjadi tersumbat dan mengendap di tanah.

3. Memangkas bagian tanaman yang mati

Kamu juga harus teliti dalam memerhatikan bagian tanaman yang kamu miliki. Jika kamu melihat ada bagian tanaman yang mati atau layu maka sebaiknya kamu segera memangkas bagian tersebut.

Bagian tanaman yang mati akan membusuk dan jika tidak segera dipangkas, maka pembusukan tersebut akan menyebar ke bagian tanaman yang lain.

4. Memerhatikan pemberian pupuk

Saat musim hujan kamu harus memerhatikan pemberian pupuk pada tanamanmu. Pupuk yang dapat digunakan pada musim hujan hanyalah pupuk kompos atau pupuk organik.

Selain memberikan pupuk organik kamu juga dapat memberikan NPK pada tanaman. NPK dianggap juga sebagai makanan bagi tanaman di musim hujan. Selain itu hak tersebut juga dapat membuat pupuk menyerap lebih cepat ke tanaman.

5. Memperhatikan peletakan tanaman

Saat musim hujan tiba kamu juga perlu memerhatikan peletakan tanaman yang kamu miliki. Kamu harus mempertimbangkan kondisi kelembapan di sekitar tanaman tersebut.

Jangan sampai kamu salah dalam meletakkan tanaman karena tidak memahami karakter tanaman dengan baik. Hal tersebut dapat berakibat fatal seperti membuat tanamanmu menjadi mati.

Itulah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk merawat tanamanmu dengan baik di musim hujan. Semoga bermanfaat.

Disadur dari Yoursay.id 

Hobi Tanaman Musim Hujan


Loading...