Inilah 5 Olahraga untuk Menurunkan Gula Darah

Inilah 5 Olahraga untuk Menurunkan Gula Darah
Ilustrasi (Farmaku : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Kamis, 9 Maret 2023 14:51 WIB

Terasjabar.id - Setiap orang bisa mengalami gula darah tinggi. Risiko gula darah tinggi sering dikaitkan dengan diabetes dan prediabetes. Salah satu menjaga kadar gula darah adalah olahraga. Lantas, apa saja olahraga untuk menurunkan gula darah?

Perlu diketahui, biasanya tubuh mengelola kadar gula darah dengan memproduksi insulin, hormon yang memungkinkan sel-sel untuk menggunakan gula yang beredar dalam darah. Penyebab internal gula darah tinggi termasuk ketika hati memproduksi terlalu banyak glukosa, tubuh membuat terlalu sedikit insulin, atau tubuh tidak dapat menggunakan insulin secara efektif.

Dirangkum dari Halodoc, berikut beberapa jenis olahraga yang baik untuk penderita diabetes.

Jalan cepat

Salah satu jenis olahraga yang disarankan untuk menurunkan kadar gula darah adalah jalan cepat. Apa tang harus dilakukan sangat sederhana, cukup berjalan secara teratur dalam intensitas kecepatan yang stabil. Saat Anda melakukan ini, aliran darah akan menjadi lebih lancar di dalam tubuh.

Bersepeda

Mengayuh sepeda juga bisa menurunkan kadar gula darah. Bersepeda dapat menjadi langkah ampuh untuk mempercepat pembakaran kalori. Dengan demikian, berat badan akan terjaga.

Saat bersepeda, kandungan gula dalam tubuh ikut terbakar dan berubah menjadi energi. Gula tidak menumpuk dalam tubuh menjadi racun.

Yoga

Salah satu pilihan mudah olahraga untuk menurunkan gula darah dalam tubuh adalah yoga. Jenis olahraga ini dapat membantu meningkatkan massa otot dan mengurangi tekanan psikis akibat stres.

Tai Chi

Tai Chi mungkin identik sebagai olahraga untuk orang tua. Namun, Tai Chi bisa menjadi alternatif olahraga untuk menurunkan kadar gula darah.

Tai Chi berisi serangkaian gerakan tubuh yang dapat menenangkan tubuh dan pikiran. Ketika melakukan gerakan Tai Chi, tidak hanya kebugaran tubuh yang terkelola, tetapi juga kesehatan mental. Pada saat yang sama, kandungan gula darah dalam tubuh akan ikut terkontrol.

Angkat beban

Selanjutnya adalah angkat beban. Jenis olahraga yang bermanfaat untuk meningkatkan massa otot ini dapat membantu kita mengendalikan gula darah.

Demikian beberapa rekomendasi untuk menurunkan gula darah. Selalu berkonsultasi dengan dokter jika kandungan gula darah Anda berada di atas ambang batas normal.

Cek kadar gula darah di pusat kesehatan terdekat seperti puskesmas atau klinik. Dengan mendapatkan keterangan yang jelas dari tenaga medis, Anda pun bisa mendapatkan saran-saran terbaik untuk menurunkan kadar gula darah.

Disadur dari Suara.com 

Gula Darah Tinggi Olahraga Kesehatan


Loading...