Berikut Beberapa Alternatif Pengganti Minyak Goreng Sawit

Berikut Beberapa Alternatif Pengganti Minyak Goreng Sawit
Ilustrasi (Astro Agro Lestari : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 9 Maret 2023 14:06 WIB

Terasjabar.id -- Minyak goreng pernah menjadi sembako yang menimbulkan polemik di kalangan masyarakat karena kelangkaannya. Untuk itu, beragam olahan masakan selain yang digoreng mulai dilakukan.

Makanan yang digoreng dengan menggunakan minyak goreng berulang kali memang patut dihindari. Hal tersebut dikarenakan bisa berdampak buruk untuk kesehatan tubuh.

Dilansir dari berbagai sumber, beberapa minyak goreng di bawah ini memiliki kandungan yang cukup bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sehingga bisa menjadi alternatif pilihan selain minyak goreng sawit.

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak yang umum banyak digunakan ketika memasak. Dilansir dari sehatq.com bahwa minyak zaitun memiliki kandungan asam lemak beserta antioksidan yang cukup baik untuk kesehatan tubuh.

Minyak zaitun juga cenderung stabil ketika dipanaskan. Oleh sebab itu, minyak zaitun termasuk ke dalam kategori minyak yang sehat. Titip asapnya juga tergolong tinggi, jadi antioksidan serta vitamin E yang terkandung dalam minyak zaitun tidak akan cepat rusak.

2. Minyak Kanola

Kanola merupakan singkatan (Canada oil low acid) juga termasuk ke dalam minyak yang sehat untuk dikonsumsi. Minyak kanola juga termasuk ke dalam minyak yang mengandung lemak tak jenuh tunggal.

Dilansir dari hellosehat.com minyak kanola memiliki kaya akan kandungan asam alfa-linoleat, yang merupakan bentuk dari omega-3 sehingga bisa menyehatkan jantung. Minyak kanola bisa digunakan untuk memanggang maupun menumis. Namun, hindari penggunaan minyak yang digunakan berulang kali, sebab minyak kanola akan tidak stabil setelah dipanaskan.

3. Minyak Wijen

Minyak wijen merupakan minyak yang juga banyak digunakan untuk memasak. Minyak wijen juga bisa menjadi alternatif pengganti dari minyak goreng sawit.

Dilansir dari sehatq.com penelitian menunjukkan jika penderita diabetes tipe-2 yang rutin mengonsumsi minyak wijen bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Walaupun minyak wijen tergolong minyak yang sehat, kebanyakan minyak ini cocok digunakan untuk menumis ketimbang untuk menggoreng.

4. Minyak Bunga Matahari

Minyak bunga matahari juga termasuk golongan minyak yang sehat. Dilansir dari laman yesdok.com jika minyak bunga matahari kaya akan kandungan vitamin E.

Selain itu, minyak bunga matahari juga bagus untuk kesehatan jantung. Tak hanya manfaatnya yang luar biasa, minyak bunga matahari juga memiliki keuntungan tidak cepat gosong ketika digoreng. Hal ini merupakan pilihan alternatif yang bagus sebagai pengganti minyak sawit ketika menggoreng masakan.

Nah, itu tadi beberapa pilihan alternatif minyak goreng selain sawit ketika akan memasak dan yang pastinya akan cenderung lebih sehat. Semoga bermanfaat.

Disadur dari Yoursay,id dan Suara.com 

Minyak Goreng Minyak Zaitun Goreng Sawit


Loading...