Diskominfo Kuningan Masuk Nominasi 6 Besar Video Sapawarga

Diskominfo Kuningan Masuk Nominasi 6 Besar Video Sapawarga
Editor: Malda Teras Kuningan —Kamis, 9 Maret 2023 10:23 WIB

Terasjabar.id - Garut | Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa barat gelar lomba Video Sapawarga dengan Tema Transformasi Digital pada Layanan Publik, dan menetapkan 6 nominasi terbaik diantaranya, Kabupaten kuningan. Hal ini dikatakan Kadis Kominfo Kab. Kuningan Dr. Wahyu Hidayah, M.Si, melaluli Kabid IKP Anwar Nasihin saat diwawancarai melalui telpon genggamnya di Kabupaten Garut, Senin Malam (6/03/2023).

Kabid IKP Anwar Nasihin Menerangkan, Pada malam acara tersebut Tim juri hadir langsung mengumumkan dari 27 kab/kota yang masuk 6 nominasi, diantaranya Kab. Kuningan, Kota Depok, Kab. Indramayu, Kab. Cianjur, Bogor, dan Majalengka,

Kriteria penilaian lomba, kata perwakilan Tim Juri Ceu Edoh Preman Pensiun, diantaranya mengangkat budaya kearifan lokal,kedalaman pesan dan makna, kesesuaian substansi dengan tema, keunikan dan kreativitas, pengambilan angle, momen, pencahayaan, kemenarikan alur cerita/kisah pada video, kualitas suara/audio dan Infografis (animasi tulisan).

Anwar menjelaskan, Untuk video dari Kuningan tim juri menanggapi, untuk Kuningan disini adanya eksploitasi suasana dan budaya lokal, aktingnya bagus, animasinya ok, ada sisi cinematiknya, dan memiliki isi konten.

Kepala Diskominfo Provinsi Jabar Dr. Ika Mardiah, M.Si menyampaikan terima kasih kepada semua kab/kota atas partisipasi mengikuti lomba video Sapawarga, dimana apliaksi ini bisa di integrasikan.

Penyelenggaran forum ini bertujuan menyelaraskan program dan kegiatan antar Perangkat Daerah Provinsi Jabar dengan Perangkat Daerah Kab/Kota. Dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah, ujar Dr. Ika.

Sementara Kadis Kominfo Kabupaten Kuningan, Dr. Wahyu Hidayah, M.Si menerangkan, aplikasi Sapawarga merupakan layananpublik dari Pemerintah Provinsi Jabar, untuk memberikan berbagai kemudahan dan mendapatkan informasi bagi masyarakat berupa lowongan pekerjaan, informasi seputar kesehatan, dan pendidikan.

“Termasuk layanan administrasi kependudukan, layanan perizinan dan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Selain itu, bisa juga menyampaikan aspirasi langsung ke Pak Gubernur. Untuk caranya tinggal buka Playstore atau Appstore, cari aplikasi Sapawarga download, terus tinggal di instal,” terangnya.

Forum dengan dengan tema Transformasi Digital pada Layanan Publik di buka oleh Dr. Ir. Setiawan Wangsaatmaja, Dipl., S.E., M.Eng, Sekda Provinsi Jawa Barat. Ia mengatakan perkembangan IT begitu cepat jadi kita harus respon, kalau bepikir linear aja hanya akan copy paste.

“Disinilah terobosan dan daya kreatif dalam transformasi digital harus dibangkitkan, apalagi menghadapi Gen X dan Gen Z. Langkah itu bisa dilakukan dengan merespon kotak kanan, tidak hanya otak kiri dalam memberikan layanan,” harapnya.

Kegiatan berlangsung 2 hari, diisi dengan berbagai materi, seperti Kebijakan Digitalisasi Layanan Publik dari Kementerian PAN RB, Mekanisme Pengaduan SP4N dari Ombudsman, dan Penandatanganan Berita.
Acara Forum Diskominfo ini ditandai juga Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Replikasi Unit Saber Hoaks di kab/kota.

(H. Aboy)

Diskominfo Kuningan Video Sapawarga jawa Barat Kabid IKP Anwar Nasihin


Loading...