Berikut Beberapa Manfaat Buah Blewah bagi Kesehatan

Berikut Beberapa Manfaat Buah Blewah bagi Kesehatan
Ilustrasi (Tempo.co : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Selasa, 7 Maret 2023 15:35 WIB

Terasjabar.id -- Buah blewah seringkali dijadikan minuman yang sangat cocok disajikan saat berbuka puasa. Rasa buah blewah yang segar membuat minuman buah satu ini banyak digemari masyarakat. Melansir dari laman halodoc.com, buah blewah mengandung banyak air yang dapat membantu menghidrasi tubuh setelah seharian berpuasa.

Selain itu, kandungan kalium, asam folat dan vitamin yang sangat tinggi pada buah blewah sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut ini manfaat buah blewah untuk kesehatan. 

1. Mencegah Sembelit

Buah yang mengandung banyak air ini terbukti mampu mencegah permasalahan pada pencernaan seperti sembelit. Blewah mengandung banyak serat dan air yang bermanfaat baik untuk sistem pencernaan. Kandungan serat yang tinggi dalam blewah dapat membuat perut kenyang lebih lama dan dapat meningkatkan kesehatan usus. Rutin mengonsumsi buah blewah dengan ukuran yang pas dapat mencegah dan mengatasi sembelit. 

2. Mengatasi Dehidrasi

Sekitar sembilan puluh persen kandungan dari buah blewah adalah air. Air yang sangat melimpah ini bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi setelah seharian berpuasa. Selain itu, blewah juga mengandung elektrolit alami yang bermanfaat untuk mengembalikan elektrolit tubuh yang hilang.

3. Mencegah Diabetes

Blewah dapat membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Tubuh akan mencerna blewah lebih lambat karena memiliki skor glikemik yang rendah. Dengan begitu, buah blewah sangat direkomendasikan untuk penderita diabetes.

4. Menyehatkan Kulit

Buah blewah kaya akan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Buah blewah mengandung banyak antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Dengan mengonsumsi buah blewah, kulit akan menjadi lebih sehat dan tanda-tanda penuaan dini dapat dicegah.

5. Baik untuk Kesehatan Mata

Mengonsumsi buah blewah juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Buah blewah biasanya berwarna oranye yang manandakan buah tersebut mengandung beta karoten yang baik untuk menjaga penglihatan. Selain itu, buah blewah juga mengandung vitamin A yang sangat dibutuhkan mata.

6. Anti Kanker

Blewah mengandung banyak antioksidan yang berperan melawan radikal bebas yang dapat menimbulkan kanker. Radikal bebas muncul akibat metabolisme sel pada tubuh. Apabila dalam konsentrasi yang tinggi, tubuh dapat lebih mudah terserang penyakit berbahaya seperti kanker. Selain itu, kandungan beta karoten dalam blewah juga dapat menurunkan resiko berbagai jenis kanker.

Nah, itu dia 6 manfaat mengonsumsi buah blewah untuk kesehatan. Meskipun kaya manfaat, mengonsumsi buah blewah yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Disadur dari Yoursay.id dan Suara.com 

Buah Blewah Manfaat Minuman Puasa


Loading...