Puasa Senin dan Kamis Bantu Turunkan Berat Badan ?! Berikut Kata Ahli Gizi

Puasa Senin dan Kamis Bantu Turunkan Berat Badan ?! Berikut Kata Ahli Gizi
Ilustrasi (Bogor daily : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 7 Maret 2023 14:37 WIB

Terasjabar.id -- SEBAGIAN umat Muslim memiliki kebiasaan untuk melakukan ibadah puasa sunnah, puasa di hari Senin dan Kamis.

Di samping alasan keyakinan, secara kesehatan kebiasaan puasa silih berganti atau selang-seling ini punya efek positif untuk kesehatan tubuh, dan ini telah terbukti secara medis. Dalam dunia medis, puasa Senin-Kamis dikenal dengan istilah 'Alternate day fasting'.

Alternate day fasting ini disebutkan lebih lanjut, sebagai jenis diet yang masuk dalam kategori Intermittent Energy Restriction. Secara konsep, 'Alternate days fasting' artinya 5 hari makan biasa dan 2 hari melakukan puasa, dan di momen dua hari puasa, disarankan harinya tidak boleh berturut-turut. Konsep yang sama dengan puasa Senin dan Kamis.

"Ini sama seperti yang dilakukan sebagian umat Muslim yaitu kebiasaan puasa Senin Kamis," ujar ahli gizi, dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, Sp.GK, saat acara konferensi pers Hari Obesitas Sedunia 2023 Kementerian Kesehatan, Senin (6/3/2023).


Secara manfaat, dijelaskan dr. Nurul efek rutin melakukan diet 'Alternate day fasting' atau puasa Senin dan Kamis ini terbukti dalam penelitian, bisa menurunkan 6 persen berat badan dalam durasi satu tahun.

Angka persentase yang lebih tinggi dibandingkan diet intermittent dengan konsep 8 jam makan dan 16 jam berpuasa yang hanya menurunkan 5,3 persen berat badan dalam setahun.

Namun, patut diperhatikan oleh orang-orang yang menjalani puasa Senin dan Kamis atau pun 'Alternate days fasting' perlu memastikan kalau makanan yang dikonsumsi selama tidak berpuasa tetap sehat dan terkontrol kalorinya.

"Kalau pas enggak puasa makan sesuatu tinggi lemak, banyak karbohidirat. Ya hasil yang diinginkan tak akan tercapai. Jadi, perlu konsistensi juga dalam memastikan asupan makanan yang dimakan itu adalah jenis pangan yang sehat," tambahnya.

Artinya dengan menjauhi makanan yang digoreng, berlemak tinggi, atau punya nilai protein rendah.

"Tapi, dalam prosesnya perlu disadari juga bahwa penurunan berat badan bukan hal yang dapat dilakukan dalam hitungan hari, tapi harus menjadi suatu kebiasaan," tutup dr. Nurul singkat.


Disadur dari Okezone.com 

Puasa Sunnah Umat Islam Puasa Senin Kamis


Loading...