Suara Serak, Berikut Beberapa Makanan Bisa Jadi Penyebabnya

Suara Serak, Berikut Beberapa Makanan Bisa Jadi Penyebabnya
Ilustrasi (Alodokter : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 6 Maret 2023 15:07 WIB

Terasjabar.id -- Suara serak adalah suatu kondisi dimana terdapat masalah pada pita suara yang menyebabkan perubahan kualitas suara yang bisa memengaruhi kualitas hidup seseorang. Perubahan itu berupa suara yang menjadi lemah, parau, atau sulit berbicara. Suara serak sering dialami saat kita terjangkit flu atau batuk. Selain batuk dan flu, suara serak juga bisa disebabkan karena deman, radang tenggorokan, dan penyakit pada paru-paru.

Selain karena sakit, suara yang serak juga bisa terjadi karena konsumsi makanan yang tidak sehat. Hal tersebut terjadi karena makanan tersebut dapat memicu terjadinya peradangan pada bagian saluran napas. Dilansir halodoc.com, berikut 6 makanan yang dapat menyebabkan suara serak dan perlu di hindari :

1. Gorengan

Salah satu makanan yang sering menyebabkan suara serak adalah gorengan. Tidak hanya membuat suara serak, terlalu banyak mengonsumsi gorengan juga bisa memicu kolesterol, darah tinggi, dan obesitas. Apalagi gorengan tersebut menggunakan minyak goreng yang dipakai berulang kali dan tidak bersih makan akan memicu batuk dan radang tenggorokan.

2. Makanan yang terlalu asin

Makanan yang terlalu asin akan mudah membuat suara menjadi serak karena menyebabkan tenggorokan pita suara mengering. Garam mampu menyerap cairan dalam tubuh sehingga kamu akan mudah haus jika terlalu banyak mengonsumsi makanan yang terlalu asin. Jika kamu mengonsumsi makanan tersebut, imbangi dengan banyak minum air putih agar tenggorokan tetap lembab.

3. Makanan yang bersantan atau berlemak

Walaupun makanan bersantan dan berlemak sangat nikmat dicampur ke makanan, ternyata santan tidak baik untuk tenggorokan jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Sama seperti gorengan, makanan bersantan harus dihindari karena  memicu sakit tenggorokan akibat kandungan minyak di dalamnya.

4. Makanan pedas

Banyak orang menggemari makanan pedas tapi terlalu sering mengonsumsi makanan yang terlalu pedas bisa membuat tenggorokan mengalami peradangan. Selain membuat peradangan, makanan pedas juga dapat membuat asam lambung naik.

5. Minuman susu dan produk olahannya

Mengonsumsi produk susu ataupun olahannya secara berlebihan memberikan dampak yang tidak baik untuk tenggorokanmu. Produk susu dapat memicu produksi lendir yang berlebihan pada tenggorokan, sehingga kamu mudah serak dan batuk berdahak. Jadi konsumsilah susu dan produk olahannya secukupnya.

6. Makanan dan minuman asam

Makanan dan minuman  rasa asam  berisiko menyebabkan suara serak karema kerongkongan tidak memiliki lapisan pelindung seperti perut. Akibatnya, makanan asam yang memiliki pH lebih rendah dapat memicu sensasi terbakar di kerongkongan yang akhirnya membuat suara serak.

Itulah jenis-jenis makanan yang bisa menyebabkan suara serak. Kurangi dan hindari makanan yang dapat membuat suaramu semakin serak dengan memerhatikan gaya hidup dan pola makan yang sehat agar pita suara tetap terjaga dengan baik.

Disadur dari Suara.com 

Suara Serak Makanan. Flu dan Batuk


Loading...