Berikut Jadwal Puasa Ramadhan 2023 Muhammadiyah

Berikut Jadwal Puasa Ramadhan 2023 Muhammadiyah
Ilustrasi (iNews : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 6 Maret 2023 14:46 WIB

Terasjabar.id - Sebagai salah satu lembaga Islam di Indonesia, Muhammadiyah menjadi salah satu lembaga rujukan untuk melihat jadwal puasa Ramadhan 2023. Jadi, kapan jadwal puasa Ramadhan 2023 Muhammadiyah?

Muhammadiyah menetapkan jadwal puasa Ramadhan 2023 pada tanggal 23 Maret 2023. Kemudian, Muhammadiyah juga menetapkan jadwal Hari Raya Idul Fitri pada tanggal 21 April 2023.

Selain mengetahui jadwal puasa Ramadhan 2023 dari Muhammadiyah, menarik untuk mengetahui lebih dulu tanggal cuti bersama lebaran 2023 supaya kita bisa melakukan persiapan untuk perjalanan mudik. Terutama jika akan ikut mudik gratis 2023 kemenhub.

Merujuk pada SKB 3 Menteri yang mengatur tentang hari libur nasional dan cuti bersama 2023, tercantumkan informasi tanggal cuti bersama untuk lebaran 2023, dari hari Jum'at tanggal 21 April 2023 sampai Rabu, 26 April 2023.

Niat Puasa Ramadhan

Mulai dari sekarang, mari kita persiapkan diri secara lahir batin untuk melaksanakan puasa Ramadhan. Salah satunya adalah dengan mengingat kembali niat puasa Ramadhan, yang bunyinya sebagai berikut:

"Nawaitu shauma jami'i syahri Ramadhani hadzihis sanati taqlidan lil imami Malik fardhan lillahi ta'ala"

Artinya: "Aku niat berpuasa di sepanjang bulan Ramadhan tahun ini dengan mengikuti Imam Malik, fardhu karena Allah." 

Setelah mengucapkan niat puasa Ramadhan, dianjurkan untuk menyantap sahur dengan menu sehat. 

Jadwal imsakiyah Ramadhan 2023

Sahur menjadi salah satu tradisi dalam menjalankan puasa Ramadhan. Sebab sahur merupakan bagian dari cara kita menjaga stamina dengan memakan makanan yang sehat.

Maka dari itu, kamu pasti akan membutuhkan jadwal imsakiyah Ramadhan 2023 supaya bisa menjalankan ibadah sahur dengan tepat.

Cara untuk mendapatkan jadwal imsakiyah Ramadhan 2023 cukup mudah. Kita bisa memperolehnya dari website https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsakiyah  

Caranya sebagai berikut: 

  1. Masuklah ke laman website di atas.
  2. Kalau sudah, akan terbuka laman di mana kamu harus memilih sesuai alamat provinsi dan kota atau kabupaten sesuai tempat tinggal
  3. Kalau sudah, klik simbol 'search'. 
  4. Akan muncul jadwal, bisa langsung diunduh.

Kamu bisa mendapatkan jadwal imsak dan juga jadwal sholat lengkap dengan jadwal berbuka puasa di setiap provinsi. Kamu pun tidak harus mengunduhnya, karena bisa di cek kapan saja melalui browser handphone dan laptop asalkan ada saluran internet.

Demikian itu informasi jadwal puasa Ramadhan 2023 Muhammadiyah. Semoga bermanfaat.

Disadur dari Suara.com 

Muhammadiyah Ramadhan 2023 Puasa Jadwal


Loading...