Berikut Beberapa Tips Diet Sehat saat Puasa Ramadan

Berikut Beberapa Tips Diet Sehat saat Puasa Ramadan
Ilustrasi (Alodokter : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Senin, 6 Maret 2023 13:23 WIB

Terasjabar.id -- Ketika bulan puasa tiba, banyak orang beranggapan jika puasa bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Namun, anggapan tersebut bisa jadi patah, sebab konsumsi makanan yang berlebihan saat berbuka. 

Tak sedikit orang memilih "balas dendam" setelah seharian menahan lapar dan haus, ingin mengonsumsi banyak hal ketika berbuka yang bisa berakibat naiknya berat badan. Bagi kamu yang ingin diet saat puasa beberapa tips di bawah ini bisa kamu terapkan untuk menurunkan berat badan yang disadur dari laman halodoc

1. Perbanyak konsumsi serat serta protein

Ketika kamu ingin diet saat puasa, hal yang perlu dikonsumsi adalah perbanyak makan makanan yang mengandung serat serta protein. Pasalnya, serat dan protein dinilai lebih menekan rasa lapar dan membuatmu lebih kenyang dalam jangka waktu yang lama.

Makanan yang memiliki kandungan serat dan protein yang tinggi akan diserap serta dicerna oleh tubuh, sehingga menbuatmu awet kenyang dan tidak makan banyak ketika berbuka puasa.

2. Batasi asupan konsumsi gula

Pada saat puasa, banyak orang ketika masuk waktu berbuka memilih makanan manis serta minuman manis dan segar. Hal ini berguna untuk mengembalikan energi setelah seharian berpuasa. 

Namun hal yang patut diingat, kamu perlu membatasi konsumsi makanan serta minuman yang mengandung kadar gula yang tinggi.

Terlalu banyak mengonsumsi serba manis bisa membuat berat badanmu bertambah, lho. Oleh sebab itu, kamu bisa memilih makanan seperti nasi merah atau buah dan sayur untuk asupan penambah energi setelah seharian puasa.

3. Hindari makan berlebihan

Kita ketahui jika makan berlebihan tentunya membuat bobot tubuh bertambah berat. Untuk kamu yang sedang diet, hindari makan banyak ketika berbuka puasa. 

Kamu bisa gunakan piring yang lebih kecil agar porsi makanmu tidak berlebihan. Hal ini berguna untuk tetap menjaga porsi makanmu supaya tidak berlebihan.

4. Hindari makan gorengan

Gorengan merupakan salah satu makanan yang memang menggiurkan bagi banyak orang. Setelah seharian puasa, nikmatnya untuk menyantap gorengan memang tak perlu diragukan lagi. 

Tapi bagi kamu yang sedang menjalani diet, kamu perlu menghindari konsumsi gorengan. Hal ini karena gorengan kaya akan lemak jenuh yang bisa membuat bobot tubuhmu naik, lho.

5. Penuhi kebutuhan air putih

Setidaknya kamu perlu minum 8 gelas sehari untuk kebutuhan air putih. Tips yang bisa kamu lakukan untuk mencukupi kebutuhan air minum adalah dengan 2 gelas saat sahur, 2 gelas ketika berbuka puasa, 2 gelas ketika setelah tarawih, serta 2 gelas ketika akan tidur. 

6. Tidur yang cukup

Pentingnya untuk tidur yang cukup ketika saat diet berguna untuk menurunkan berat badan kamu. Jika kamu tak cukup tidur, maka sistem metabolisme pada tubuh akan bekerja tidak baik karena tubuh sulit untuk membakar timbunan lemak.

Oleh sebab itu, perlunya untuk cukup tidur agar kamu mencukupi kebutuhan istirahat serta tidak makan terlalu banyak. 

Meskipun sedang diet ketika berpuasa, pentingnya menjaga asupan makanan dan kebutuhan gizi yang baik untuk tubuh kamu. Semoga bermanfaat.

Disadur dari Yoursay.id dan Suara.com

Puasa Diet Ramadhan Berat Badan


Loading...