SDN 2 Pakuwon Garut Kota Menggelar Market Day

SDN 2 Pakuwon Garut Kota Menggelar Market Day
Editor: Jajang Teras Garut —Minggu, 5 Maret 2023 09:36 WIB

GARKOT, (terasjabar.id).- SDN 2 Pakuwon menggelar Market Day khusus siswa kelas 1 dan 6 dilingkungan sekolah di Jl. Siliwangi No. 3, Kelurahan Pakuwon, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut Sabtu (4/3/2023).

Dan tak hanya akhir pekan ini, karena pekan depannya, Sabtu (11/3/2023) Market Day akan digelar untuk kelas 2 dan kelas 5, dan pekan berikutnya, Sabtu (18/3/2023) giliran kelas 3 dan kelas 4.

Sungguh di luar dugaan, market day ini mendapat apresiasi yang sangat luar biasa dari para orang tua wali murid, sehingga jadi meriah, ditambah stand dihiasi dan ditata sedemikian menarik, begitu juga dengan para siswa yang menjajakan dagangannya mengenakan seragam, dan itu semua menjadi keunikan tersendiri dalam menarik pembelinya.

Antusias dukungan orang tua wali murid atau masyarakat terhadap program sekolah tersebut, bukti nyata terjalinnya komunikasi, koordinasi antara dua belah pihak sebagai satu kesatuan yang tak bisa terpisahkan. Dan kolaborasi ini jadi modal dasar atas keberhasilan program sekolah.

Padahal SDN 2 Pakuwon ini bukan bagian dari program sekolah penggerak, tapi dalam pelaksanaan pembelajarannya berdimensi profil pelajar pancasila, seperti dalam Market Day ini dalam mengimplementasikan visi sekolahnya.

Kepala SDN 2 Pakuwon, Rahmat, S.Pd., beserta jajarannya membangun komunitas pembelajar dengan menginspirasi siswa berjiwa mandiri, kreatif, bergotong-royong, bernalar kritis, berakhlakul karimah, sekaligus mengawali pengenalan dan pemahaman tentang literasi finansial, dengan harapan siswa siap jadi bagian dari masyarakat global.

Market day ini merupakan praktek hasil pembelajaran dalam mewujudkan kurikulum Merdeka yang sedang digencar-gencarkan oleh pemerintah dalam pembentukan Profil Pelajar Pancasila yang mencakup kompetensi dan karakter baik siswa maupun guru, dengan harapan jadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

Menurut salah satu guru, Gilang, mengatakan, market day dilakukan agar tumbuh dan tergali jiwa entrepreneur dalam diri siswa, yang nantinya mereka bisa mandiri, kreatif melalui kewirausahaan. Dan kegiatan ini, terang Gilang, sebagai upaya dalam membangun jiwa kewirausahaan siswa sedini mungkin.

"Tidak menutup kemungkinan, kedepannya ada siswa yang memiliki potensi untuk jadi pengusaha, termasuk dari market day ini bisa jadi pintu pembuka untuk usaha diantara para orang tua sebagai usaha tambah dalam menambah perekonomian keluarga," ujarnya. ***Jajang Sukmana

SDN 2 Pakuwon Garut Kota Menggelar Market Day


Loading...