Berikut Beberapa Buah yang Dipercaya Bisa Redakan Batuk

Berikut Beberapa Buah yang Dipercaya Bisa Redakan Batuk
Ilustrasi (Detik.com : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Sabtu, 4 Maret 2023 15:26 WIB

Terasjabar.id -- Batuk seringkali bisa sangat mengganggu dan membuat aktivitas jadi tidak maksimal. Terlebih saat enggan konsumsi obat atau menahan diri pergi ke dokter, biasanya orang akan memilih untuk menunggu batuk reda dengan sendirinya.

Meski begitu, batuk tetap harus diatasi agar tidak semakin lama 'meneror' kondisi kesehatan. Salah satunya dengan obat alami lewat konsumsi buah. Biasanya jeruk nipis dan lemon sering jadi primadona untuk meredakan batuk.

Namun, ternyata buah pereda batuk bukan hanya jeruk nipis dan lemon. Berdasar lansiran Hellosehat, batuk juga bisa reda dengan mengonsumsi lima buah berikut ini.

1. Nanas

Nanas mengandung enzim bromelain yang berfungsi untuk meredakan peradangan akibat infeksi bakteri atau virus. Selain itu, bromelain juga dapat memecah penggumpalan dahak di tenggorokan hingga cocok dijadikan obat alami untuk batuk berdahak. 

Selain dimakan langsung, meminum jus nanas tanpa gula juga ampuh redakan batuk. Namun, perlu waspada juga pada reaksi alergi bromelain oleh pasien yang mengonsumsi antibiotik dan obat pengencer darah, ya.

2. Apel

Buah apel juga tidak kalah berkhasiat untuk meredakan batuk berdahak dan batuk kering. Kandungan vitamin C dan flavonoid dari apel dapat membantu pemulihan beberapa penyakit pernapasan penyebab batuk, seperti PPOK, bronkitis, dan emfisema.

Bahkan dalam laporan yang dipublikasikan John Hopskin Bloomberg School of Public Health yang dilansir Hellosehat juga menyebutkan bahwa rutin mengonsumsi apel secara langsung dapat memperbaiki fungsi paru-paru secara keseluruhan.

3. Alpukat

Alpukat juga bisa menjadi salah satu obat alami untuk meredakan batuk yang mengganggu. Kandungan alpukat yang kaya akan serat, mineral, dan vitamin yang baik dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan penyakit.

Bahkan lemak baik dalam alpukat yang banyak mengandung asam oleic juga dapat membantu mengurangi risiko peradangan. Bukan hanya enak dan sehat, tapi juga bisa jadi obat alami.

4. Kiwi

Kiwi kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan dalam studi Canadian Journal of Physiology and Pharmacologyn menyebutkan jika kiwi mampu mengurangi perkembangan penyakit, seperti flu atau pilek yang disertai batuk. 

5. Tomat

Kandungan vitamin dan mineral yang tinggi dalam tomat membuat buat yang satu ini sangat baik untuk meredakan batuk. Tomat juga dapat membantu meningkatkan fungsi paru-paru yang mengalami kerusakan, seperti pada perokok aktif. Tomat dipercaya dapat membantu melancarkan fungsi pernapasan dan menguatkan daya tahan tubuh dari infeksi penyebab batuk.

Bahkan jika dikonsumsi bersama buah-buahan kaya antioksidan, seperti apel dan pisang, akan membantu pemulihan pada pasien yang mengalami penurunan fungsi pernapasan dalam 10 tahun. Hal ini diungkap dalam penelitian di European Respiratory Journal.

Meski mengonsumsi kelima buah tadi bisa meredakan batuk, tapi jika kondisi belum mereda dalam jangka waktu lama akan lebih baik untuk melalukn konsultasi lebih lanjut dengan tenaga medis. Segera periksakan diri ke dokter untuk pengobatan yang lebih efektif.

Disadur dari Yoursay.id dan Suara.com 

Batuk Kesehatan Obat Alami


Loading...