Polsek Wanaraja Dampingi Tenaga Kesehatan Lakukan Imunisasi Pencegahan Difteri

Polsek Wanaraja Dampingi Tenaga Kesehatan Lakukan Imunisasi Pencegahan Difteri
Editor: Jajang Teras Garut —Kamis, 2 Maret 2023 19:59 WIB

WANARAJA, (terasjabar.id).- Petugas kesehatan bersama Kapolsek Wanaraja Polres Garut melaksanakan Imunisasi di Desa Babakanloa dalam rangka pencegahan penyebaran penyakit Difteri, Rabu (01/03/2023)

Difteri sendiri merupakan penyakit menular akibat infeksi bakteri Corynebacterium Diphteria, yang ditandai dengan gejala batuk akut, demam, lemas, dan pembengkakan kelenjar getah bening selaput lendir.

Berdasarkan keterangan dari Bupati Garut Bapak Rudy Gunawan, salah satu penyebab merebaknya difteri ini karena beberapa korban tidak divaksin lengkap untuk imunisasi difteri.

Karena adanya warga masyarakat yang meninggal dunia karena penyakit Difteri diwilayah Kabupaten Garut dalam hal ini kecamatan Pangatikan maka Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Garut sudah menetapkan kasus penyakit difteri di Kabupaten Garut sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB). sebagaimana tercantum dalam Surat Keputusan Bupati (Kepbup) Garut nomor 100.3.3.2/KEP.91-DINKES/2023, tanggal 20 Februari 2023, tentang penetapan KLB Penyakit Difteri,” ungkapnya

Kapolres Garut AKBP Rio Wahyu Anggoro, S.H., S.I.K. melalui Kapolsek Wanaraja AKP Maolana, S.Sos menyampaikan bahwa kami bersama Danramil mendampingi tenaga Kesehatan melaksanakan imuninasi kepada warga yang berusia 2 bulan sampai dengan 15 tahun dalam rangka mencegah penyebaran penyakit Difteri yang saat ini termasuk Kejadian Luar Biasa (KLB)..

Adapun kegiatan sasaran tempat pelaksanan imunisasi ORi tersebut di seluruh posyandu di wilayah Desa Babakanloa dengan sebanyak 10 Unit Posyandu dan di 15 sekolah, mulai dari tingkat kober sampai SMP dengan jumlah yang di imunisasi sebanyak 1007 orang.

Adapun petugas yang melakukan imunisasi dari. PKM Cimaragas, PKM Wajaraja, PKM Garawangsa, PKM Matipari, PKM Sukamukti , PKM Sukawening, Korim Cilawu, Korim Bojongloa, Korim Karangmulya, Korim Cempaka, dengan penanggung jawab kepala PKM Cimaragas dr Heru Setiawan M Kes. Dan selesai pada pukul 14.00 Wib.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ibu Gubernur Jabar Dr. Atalia Pratatya Sip.Mi.Kom, Bupati Garut H. Rudi Gunawan, S.H., M.H., MP. Dan Forkopimda lainya serta dari instansi terkait lainya berikut dari forkopimcam, aparat desa dan warga masyarakat.

Kapolsek menghimbau untuk selalu menjaga Kesehatan lingkungan dan kesehatan keluarga serta menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dilingkungannya. ***Rahayu

Polsek Wanaraja Dampingi Tenaga Kesehatan Lakukan Imunisasi Pencegahan Difteri


Loading...