Karyawan Korail Sebarkan Informasi Pribadi RM BTS, Langsung Banjir Kecaman

Karyawan Korail Sebarkan Informasi Pribadi RM BTS, Langsung Banjir Kecaman
(Kompas.com : Google)
Editor: Epenz K-Pop —Kamis, 2 Maret 2023 15:49 WIB

Terasjabar.id -- Seseorang karyawan Korail (perusahaan kereta api Korea Selatan) baru-baru ini, dilaporkan ke pihak berwajib. Melansir Naver News, bahwa  diketahui telah mengakses informasi pribadi RM BTS tanpa izin.

Menurut laporan SBS 8 News pada tanggal 1 Maret 2023, seseorang karyawan operator kereta api nasional Korail dilaporkan telah mengakses informasi pribadi anggota BTS RM sebanyak 18 kali selama rentang waktu 3 tahun mulai dari tahun 2019.

Diketahui bahwa karyawan tersebut memperoleh aksesnya melalui Informasi tiket kereta yang dipesan oleh RM BTS. Beberapa informasi pribadi RM yang tersebar diantaranya, alamat tempat tinggal, nomor ponsel, jenis ponsel, dan data-data pribadi RM lainnya.

Sebenarnya, informasi pelanggan kereta hanya tersedia untuk tujuan kerja, tetapi karyawan tersebut memperoleh akses karena ia bekerja sebagai pekerja TI dan dengan sangat mudah dia mengakses informasi RM untuk penggunaan pribadinya.

Karyawan tersebut telah mengaku bahwa dirinya telah mengakses informasi tiket RM untuk menemuinya secara langsung dan bahkan memberi tahu temannya tentang informasi tiket RM sehingga temannya itu dapat memesan kursi kereta di dekat RM BTS.

Sementara itu, setelah kasus ini tersebar luas, audit internal Korail akhirnya membuat pernyataan seperti,"Kami mengonfirmasi bahwa seseorang telah mengakses informasi pribadi RM tanpa izin, tetapi belum dikonfirmasi bahwa dia membocorkan informasi tersebut ke luar perusahaan. Dan saat ini  karyawan tersebut tengah menjalani penangguhan pekerjaan." Jelas audit internal Korail.

Di sisi lain, setelah diskors dari Korail, karyawan tersebut berbagi keadaannya dengan media berita SBS 8 News dengan mengatakan "Saya mengaksesnya hanya karena penasaran, dan saat ini saya akan merenungkan kesalahan saya ini." Pungkasnya.

Namun demikian, netizen Korea merasa muak dengan tindakan karyawan tersebut dan mengkritiknya dengan kata kata yang keras. Mengutip dari situs diskusi online Pann Nate, mereka berkomentar seperti,

"Perilakunya sangat menjijikkan" tulis netizen pertama.

"Wow, dia sangat gila, ini membuatku merinding" kata netizen berikutnya.

"Aku benar-benar ingin tahu siapa dia" ujar netizen lainnya.

"Dia benar-benar tidak waras" pungkas netizen yang ikut bergabung.

"Wow, pasti sangat mudah baginya untuk menggali informasi selebriti, dia perlu dipecat" imbuh warganet.

"Hanya di skors? Dia harusnya dipecat secara tidak hormat" kata warganet lain.

"Pecat saja dia, mengungkapkan informasi pribadi seseorang seperti itu adalah sebuah kejahatan" ujar netizen.

"Dia tidak melakukannya sekali atau dua kali tetapi 18 kali? Itu sangat diluar akal sehat" tulis netizen terakhir.

Disadur dari Yoursay.id dan Suara.com 

RM BTS Kpop Informasi Pribadi karyawan Korail


Loading...