INI Rekomendasi Camilan yang Nggak Akan Bikin Gendut ! Enak-enak Kok !

INI Rekomendasi Camilan yang Nggak Akan Bikin Gendut ! Enak-enak Kok !
CNN Indonesia
Editor: Malda Teras Health —Kamis, 2 Maret 2023 10:33 WIB

Terasjabar.id -- Ingin mengunyah tapi takut berat badan bertambah? Jangan khawatir, ada beberapa cemilan tinggi serat yang bisa jadi pilihan Anda.
Pada dasarnya, Anda disarankan untuk tetap mengisi perut dengan camilan di antara waktu makan besar. Kebiasaan ngemil di tengah waktu makan akan bermanfaat, utamanya bagi orang yang memiliki permasalahan lambung.

Namun, banyak orang malas ngemil karena takut badan bertambah melar. Padahal, dengan pilihan camilan yang tepat, kebiasaan ngemil tak akan berdampak buruk pada berat badan.

Cemilan tinggi serat

Cemilan tinggi serat membuat perut bisa merasa kenyang lebih lama dan membuat Anda terhindari dari kebiasaan ngemil berlebih. Berikut beberapa pilihan camilan mengenyangkan yang bisa Anda coba, mengutip berbagai sumber.

1. Popcorn
Popcorn jadi salah satu camilan tinggi serat yang bisa jadi pilihan Anda. Mengutip Eating Well, popcorn sendiri pada dasarnya terbuat dari 100 persen gandum utuh yang kaya akan serat. Ada sekitar 2 gram serat dalam 250 gram popcorn.

2. Smoothie
Tak cuma untuk sarapan, smoothie juga bisa jadi makanan ringan yang menyenangkan. Jika Anda mau repot, tak ada salahnya membuat smoothie untuk dijadikan camilan.

Anda bisa menggunakan banyak bahan berserat tinggi seperti buah, sayur, dan biji-bijian.

3. Puding chia
Meski ukurannya sangat kecil, tapi biji chia sangat kaya akan nutrisi. Sekitar 2 sdm biji chia mengandung 10 gram serat atau sekitar 35 persen dari kebutuhan serat harian.

Anda bisa membuat puding yang terbuat dari biji chia dan susu. Jadikan puding chia sebagai camilan sehat Anda.

4. Oatmeal cookies
Ingin ngemil kukis? Anda bisa memilih oatmeal cookies sebagai cemilan tinggi serat.
Sebagaimana namanya, kukis ini terbuat dari oatmeal yang tinggi serat. Anda bahkan bisa membuatnya sendiri dengan mudah di rumah.

5. Kacang edamame panggang
Kacang edamame bisa menjadi camilan renyah yang mengenyangkan. Mengutip Parade, edamame memiliki lebih banyak serat dan protein daripada jenis kacang lainnya.

Dalam sekitar 60 gram kacang edamame mengandung 6 gram serat. Lengkap juga dengan 15 gram protein, 5 gram lemak sehat, dan 130 kalori.

6. Buah pir
Pir juga bisa jadi pilihan camilan yang mengenyangkan. Satu buah pir berukuran sedang mengandung 5,5 gram serat.

7. Buah apel
Selain jadi buah yang sehat, apel juga cukup bikin perut kenyang. Satu buah apel berukuran sedang umumnya mengandung 4,5 gram serat.

Oleh karena itu, apel rasanya bisa dijadikan salah satu cemilan tinggi serat.

8. Kacang almond, pistachio, atau biji bunga matahari
Dalam 1 ons almond umumnya terdapat sekitar 3,5 gram serat. Angka yang sama juga didapat pada kacang pistachio dan biji bunga matahari.

9. Buah pisang
Satu buah pisang berukuran sedang umumnya mengandung sekitar 3 gram serat. Anda bisa menjadikannya sebagai pilihan camilan sehat.

Selain mengenyangkan, pisang juga memiliki kandungan potasium yang bisa membantu menjaga jantung tetap sehat.

10. Dark chocolate
Boleh-boleh saja mengonsumsi camilan manis, asalkan jangan salah pilih. Dark chocolate mengandung flavanol atau senyawa antioksidan yang dapat menyehatkan jantung.

Tak hanya itu, dark chocolate juga bisa jadi pilihan cemilan tinggi serat. Ada sekitar 11 gram serat dalam sebatang (100 gram) dark chocolate dengan kandungan kakao 70-85 persen.

Baca artikel CNN Indonesia "10 Camilan Tinggi Serat, Tak Perlu Takut Badan Melar" selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230301070605-262-919126/10-camilan-tinggi-serat-tak-perlu-takut-badan-melar/2.

Makanan Viral Tinggi Serat Lambung Camilan Tidak Bikin Gendut Ngemil Bakso Goreng


Loading...