Berikut 6 Bahan Pengganti MSG, Boleh Dicoba

Berikut 6 Bahan Pengganti MSG, Boleh Dicoba
Ilustrasi (Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Rabu, 1 Maret 2023 15:31 WIB

Terasjabar.id - Penggunaan MSG atau micin yang terlalu tinggi dalam makanan dikhawatirkan dapat merusak fungsi sel otak. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk sesekali menggunakan bahan pengganti msg untuk menyedapkan masakan Anda.

Lantas, bahan seperti apa yang bisa menciptakan cita rasa yang serupa dengan MSG?


Bahan Makanan Pengganti MSG supaya Lebih Sehat

Melansir dari laman Lacademie, berikut adalah beberapa bahan lain untuk menggantikan micin sebagai penyedap makanan Anda.

1. Keju parmesan

Olahan susu fermentasi ini rupanya juga bisa menjadi bahan pengganti MSG. Pastikan Anda menggunakan bagian paling luar keju parmesan. Sebab, di sanalah rasa umami paling banyak tercipta. Cobalah untuk mengganti MSG dengan keju parmesan dalam sup, semur, dan salad.

2. Kaldu sapi

Anda mungkin kerap melihat bumbu instan kaldu sapi. Namun untuk mendapatkan rasa terbaik dan yang lebih sehat, akan lebih baik jika Anda membuatnya sendiri.

Kaldu sapi dapat dibuat dengan merebus tulang sapi. Rebusan ini bisa digunakan untuk beberapa hari ke depan selama disimpan dengan benar.

3. Kecap asin

Bahan yang terbuat dari fermentasi kedelai ini tinggi akan natrium sekaligus protein dan rasa yang umami. Oleh karena itu, kecap asin bisa menjadi salah satu bahan pengganti MSG supaya makanan lebih sehat.

Namun, pastikan Anda tidak menggunakan kecap asin terlalu banyak karena bahan ini tinggi akan natrium.

4. Saus tiram

Rasa gurih micin juga bisa Anda dapatkan pada saus tiram. Bahan pengganti satu ini cocok bagi Anda yang menginginkan perpaduan antara rasa asin, manis, dan pedas. Saus tiram bisa digunakan untuk menggantikan MSG terutama di makanan berkuah seperti sup atau semur.

Jamur Tiram (shutterstock/kristanti)
Jamur Tiram (shutterstock/kristanti)

5. Jamur shitake

Di antara berbagai jamur asal Jepang, shitake merupakan jenis yang paling cocok untuk menggantikan MSG. Sebab, presentasi glutamat jamur ini termasuk paling tinggi.

Namun sebelum menggunakannya sebagai pengganti MSG. Pastikan Anda sudah menumis atau memanggang jamurnya terlebih dahulu.

6. Ikan teri

Bahan pengganti MSG yang lebih sehat selanjutnya adalah ikan teri. Jenis ikan ini memiliki rasa asin yang kuat. Anda sebaiknya mengurangi penggunaan garam saat memakai ikan teri sebagai pengganti MSG. Supaya lebih mudah, belilah ikan teri yang sudah dalam bentuk bubuk sehingga baunya tidak tercium lagi.

Disadur dari Suara.com 

MSG Makanan Micin


Loading...