Inilah 5 Macam Bumbu Dapur ini Berkhasiat untuk Perawatan Diri

Inilah 5 Macam Bumbu Dapur ini Berkhasiat untuk Perawatan Diri
Ilustrasi (Halodoc : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Selasa, 28 Februari 2023 14:15 WIB

Terasjabar.id -- Tidak hanya aroma dan rasanya yang luar biasa, beberapa jenis bumbu dapur juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh lho. Rempah-rempah yang kamu ketahui bisa saja menjadi sempurna untuk perawatan diri.

Banyak bumbu terkenal yang cocok untuk membantu tubuh agar tetap sehat. Manfaat yang dihasilkan pun cukup beragam, seperti mengurangi stres, meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, dan mengobati peradangan. Menyadur dari Healthline, berikut beberapa jenis bumbu dapur yang khasiatnya sangat menyehatkan.

1. Kayu manis

Kayu manis termasuk salah satu bumbu dapur yang memiliki beragam khasiat baik bagi kesehatan. Tidak hanya memiliki aroma yang khas, kayu manis diyakini dapat membantu meringankan gejala depresi, mengatur kadar gula darah, melindungi sistem pencernaan, dan memiliki sifat antibakteri.

Kayu manis memiliki kandungan cinnamaldehyde, yakni bahan kimia yang bertanggung jawab memberikan rasa manis pada bumbu. Cinnamaldehyde memiliki sifat antiinflamasi, antitumor, dan antivirus, serta dapat membantu menurunkan kolesterol.

2. Jahe

Jahe termasuk bumbu yang enak untuk dipadukan dengan beragam jenis olahan makanan. Selain itu, jahe juga dikenal baik sebagai tonik pencernaan yang bisa membantu menenangkan perut, mengatasi kembung, dan mengobati mual. 

Kandungan vitamin C dan magnesium di dalamnya menjadikan jahe berkhasiat untuk memperkuat sistem imun. Sedangkan kandungn shogaols, gingerols, dan zingerones yang terdapat pada jahe bermanfaat sebagai antioksidan bagi tubuh.

3. Cengkeh

Cengkeh merupakan rempah yang kaya akan kandungan antioksidan yang berguna untuk melawan radikal bebas. Mengonsumsi cengkeh dapat membantu mengatur kadar gula darah, mengurangi risiko terserang penyakit diabtes, penyakit jantung, dan terhindar dari jenis kanker tertentu. 

Selain itu cengkeh juga mengandung eugenol, yakni kandungan senyawa yang dapat mengurangi respons peradangan pada tubuh. Sedangkan sifat antimikroba pada cengkeh mampu membantu menghentikan pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri.

4. Daun Sage

Daun sage telah digunakan untuk pengobatan sejak zaman dahulu karena khasiatnya yang luar biasa. Seperti menenangkan sistem saraf dan membantu tubuh menjadi lebih rileks. Selain itu sage juga terbukti mampu mengatasi depresi dan kecemasan.

Sifat antibakteri dan antijamur yang terkandung di dalamnya dapat meningkatkan kesehatan kulit. Tak hanya itu, kandungan antioksidan serta beragam vitamin dan mineral pada daun sage juga baik untuk kesehatan dan fungsi otak.

5. Rosemary

Rosemary atau Rosmarinus officinalis merupakan tanaman herbal yang mudah ditemukan di pasaran dan memiliki aroma yang segar.

Memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi serta efek antidepresan, rosemary diyakini dapat membantu mengurangi perasaan cemas bahkan meningkatkan daya ingat. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa rosemary juga memiliki sifat antikanker. Juga bermanfaat bagi kesehatan kulit, seperti membantu meningkatkan elastisitas dan kekencangan kulit.

Disadur dari Yoursay.id dan Suara.com 

Manfaat Bumbu Dapur Perawatan Diri


Loading...