Berikut Beberapa Cara Mengatasi Whatsapp yang Tidak Dapat Diakses

Berikut Beberapa Cara Mengatasi Whatsapp yang Tidak Dapat Diakses
Ilustrasi (Katadata : Google)
Editor: Epenz Teras Techno —Senin, 27 Februari 2023 13:25 WIB

Terasjabar.id -- Kamu tentu panik kalau tiba-tiba WhatsApp tidak dapat dibuka, karena aplikasi ini berkaitan dengan sekolah, keperluan komunikasi, pekerjaan, dan lainnya. Tentu hal ini akan sangat mengganggu bukan?

Ada berbagai penyebab kenapa WhatsApp tidak dapat diakses, di antaranya yaitu belum di-update, ponsel tidak lagi mendukung versi terbaru, dan lain-lain. Jika kamu mengalaminya, berikut adalah 4 cara mengatasi WhatsApp yang tidak dapat diakses.

1. Upgrade ke versi terbaru

Pada umumnya pihak developer selalu membuat pembaruan untuk aplikasi, hal tersebut dilakukan untuk memperbaiki bugs dan menambahkan fitur baru. Berikut ini langkah-langkah upgrade aplikasi Whatsapp:

  • Buka toko aplikasi Google PlayStore atau AppStore
  • Carilah WhatsApp, biasanya akan ada tombol ‘Perbarui’ untuk mengunduh pembaruan kalau WhatsApp yang kamu miliki belum upgrade ke versi terbaru.

2. Menghapus cache WhatsApp

Cache adalah data sementara yang tersimpan agar ketika aplikasi dibuka dapat mempercepat prosesnya. Tapi, cache yang tidak pernah dihapus dan menumpuk bisa menyebabkan masalah baru, yaitu ponsel jadi lambat dan menghabiskan banyak ruang sehingga aplikasi tidak dapat diakses dengan lancar.

Berikut ini langkah-langkah menghapus cache WhatsApp:

  • Bukalah pengaturan, lalu pilih aplikasi
  • Pilih WhatsApp, klik menu hapus cache dan prosesnya hingga selesai

Menghapus cache dapat menjadi cara untuk menangani WhatsApp tidak dapat diakses yang sangat efektif.


3. Menghapus data WhatsApp

Menghapus data WhatsApp sama halnya dengan kembali ke pengaturan default yang menghilangkan semua isinya, mulai dari gambar, dokumen, history chat, hingga riwayat login.

Cara mengatasi WhatsApp yang tidak dapat diakses satu ini dapat kamu gunakan kalau tidak masalah data-data di WhatsApp akan hilang, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka pengaturan, lalu pilihlah aplikasi
  • Pilih WhatsApp, Klik pada 'Hapus data'

Kamu tetap dapat login lagi ke akun itu memakai nomor ponsel yang sudah didaftar sebelumnya.


4. Memasang ulang aplikasi WhatsApp

Memasang ulang aplikasi WhatsApp pun hampir sama seperti menghapus data yang dapat membuat isi WhatsApp kamu hilang. Tapi, data yang kamu miliki dapat dikembalikan usai login kembali jika pengaturan pencadangan rutin diaktifkan, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka pengaturan, pilih aplikasi dan cari WhatsApp
  • Klik pada 'Hapus instalasi'
  • Setelah itu, matikan ponsel dan hidupkan lagi sebelum memasang ulang aplikasinya.

Itulah 4 cara mengatasi WhatsApp yang tidak dapat diakses, kamu dapat mempraktikkannya menurut menu pengaturan yang smartphone-mu miliki.

Disadur dari Suara.com 

WhatsApp Aplikasi Olah Pesan Akses


Loading...